Selasa 17 Mei 2022, 11:05 WIB

Lima Wihara Terbesar di Indonesia yang Memesona

mediaindonesia.com | Humaniora
Lima Wihara Terbesar di Indonesia yang Memesona

dok.budhis.id
Vihara Padepokan Dhammadipa Arama merupakan wihara tertua dan terbesar di Kota Batu, Malang, Jawa Timur

 

INDONESIA memiliki wihara-wihara dengan pesona memukau yang bisa menjadi daftar tempat menarik untuk dikunjungi pada hari libur Anda mendatang. Berikut lima wihara indah di Indonesia yang bisa disambangi, dikutip dari LKBN Antara, Selasa (17/5)

Maha Vihara Adhi Maitreya, Medan

Maha Vihara Adhi Maitreya merupakan salah satu wihara terbesar di Indonesia yang terletak di Medan. Wihara ini berlokasi di komplek perumahan Cemara Asri, Jalan Boulevard Utara No. 95-5, Medan, Sumatra Utara. Maha Vihara Adhi Maitreya terbagi menjadi tiga gedung utama yaitu; Buddha Sakyamuni, Bodhisatva Avalokitesvara, dan Bodhisatva Satyakalama. Arsitektur wihara yang unik membuatnya seolah-olah tidak berada di Indonesia melainkan seperti Negeri Tirai Bambu, China.

Pagoda Taman Alam Lumbini, Karo

Pagoda Taman Alam Lumbini memiliki arsitektur yang sangat indah seperti layaknya di Thailand atau Myanmar. Replika Pagoda Shwedagon atau Pagoda Dagon Emas ini berada di Desa Tongkoh, Berastagi, Karo, Sumatra Utara. Pagoda ini memiliki warna keemasan yang membuatnya tampak megah meski dari kejauhan.

Vihara Padepokan Dhammadipa Arama, Batu

Vihara Padepokan Dhammadipa Arama merupakan wihara tertua dan terbesar di Kota Batu. Wihara ini berada di atas lahan 5 hektare yang terletak di dataran tinggi. Hal ini membuat Vihara Padepokan Dhammadipa Arama memiliki nuansa yang sejuk, nyaman, dan menenangkan untuk melakukan ibadah. Vihara ini berlokasi di Dusun Ngandat, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto

Maha Vihara Mojopahit dikenal sebagai wihara yang memiliki patung Buddha yang sedang berbaring ketiga terbesar di Asia. Wihara ini berlokasi di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Maha Vihara Mojopahit ini dibangun di atas lahan seluas 20.000 meter persegi dengan bangunan utama yang bergaya arsitektur Jawa dan beratapkan joglo.

Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat, Bogor

Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat ini memiliki patung Buddha Tidur atau yang dikenal sebagai Sleeping Buddha dengan panjang 18 meter dan tinggi 3,75 meter. Wihara ini berlokasi di Kampung Jati, Jalan Raya Parung, Tonjong Halang, Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat juga memiliki 2.800 patung Rupang Buddha di dalam 4 etalase. (OL-13)

Baca Juga: Ini Lima Mitos Seputar Penggunaan Tabir Surya

Baca Juga

Ist

Kemenkominfo Ajak Masyarakat Bermedia Digital dengan Baik

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 00:01 WIB
Dr. Meithiana Indrasari, S.T., MM, mengtaakan di dalam dunia digital, digitalisasi budaya dalam jati diri kita dalam ruang digital tidak...
MI/SUSANTO

Jemaah Bersiap Melaksanakan Puncak Ibadah Haji Kamis Pagi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:30 WIB
Perjalanan haji dimulai dari maktab atau hotel jemaah tinggal, sudah mandi, berpakaian ihram dan niat haji kemudian diberangkatkan mulai...
Freepik.com

Literasi Digital Dapat Mengurangi Perundungan Digital

👤Mediandonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:06 WIB
Sekretaris Digimom Indonesia May Safitri memaparkan, remaja menjadi salah satu target atau korban utama dari perundungan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya