Kamis 12 Mei 2022, 21:05 WIB

Kemenkes Canangkan 6 Pilar Transformasi Sistem Kesehatan, Apa Saja ?               

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kemenkes Canangkan 6 Pilar Transformasi Sistem Kesehatan, Apa Saja ?               

Antara/Mohamad Hamzah
Program imunisasi yang jadi salah satu prioritas dalam transformasi kesehatan di Indonesia

 

KEMENTERIAN Kesehatan sudah merencanakan 6 pilar transformasi sistem kesehatan agar ke depannya sistem kesehatan Indonesia menjadi lebih kuat, baik, dan menjangkau untuk melayani seluruh masyarakat.

Pertama, pilar transformasi sistem pelayanan kesehatan primer. Kedua, pilar transformasi sistem pelayanan kesehatan sekunder atau rujukan. Ketiga adalah pilar transformasi sistem ketahanan kesehatan.

"Keempat adalah pilar transformasi sistem pembiayaan kesehatan, kelima adalah transformasi sumber daya manusia kesehatan, dan keenam adalah pilar transformasi sistem teknologi dan bioteknologi kesehatan," papar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers daring, Kamis (12/5).

Program imunisasi anak nasional merupakan salah satu bagian dari pilar pertama dan pilar keenam transformasi sistem kesehatan Indonesia.

"Kita juga sudah menambah jumlah imunisasi wajib yang akan kita berikan ke masyarakat dari 11 menjadi 14 imunisasi," kata Budi.

Baca juga : Gandeng Dunia Industri, SMK 1 Mejayan Terus Kembangkan Diri

Tiga vaksin baru tersebut yakni vaksin HPV untuk kanker serviks untuk para ibu, kemudian PCV itu untuk pneumonia untuk balita dan juga imunisasi Rotavirus untuk penyakit diare kepada balita.

Budi menjelaskan, 3 vaksin baru tersebut menjadi upaya pencegahan penyakit di Indonesia, seperti kanker serviks yang merupakan tertinggi kedua setelah kanker payudara dan menyebabkan kematian bagi para ibu dan wanita Indonesia.

Karena kanker payudara belum ada vaksinnya sedangkan kanker serviks sudah ada vaksinnya maka akan diberikan. Khusus untuk vaksin HPV dan Rotavirus ditargetkan ke anak-anak di bawah 5 tahun karena memang kematian anak yang paling besar adalah dari infeksi pneumonia dan infeksi diare.

"Itu adalah salah satu program baru yang kita luncurkan di sistem pelayanan kesehatan primer terkait dengan transformasi kesehatan," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Ist

Evermos Raih Internasional 3G Championship Awards 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 05:59 WIB
Penghargaan berskala internasional ini diberikan kepada organisasi yang telah lebih jauh dalam mengimplementasikan program-program...
Dok. Kemenko PMK

Menko PMK Klaim Pelaksanaan Mudik Lebaran Tahun Ini Sukses

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:05 WIB
Muhadjir mengatakan, bukti sukses pelaksanaan mudik 2022 adalah angka kecelakaan telah menurun dibandingkan mudik tahun...
Freepik.com

Hepatitis Akut Merebak, Orangtua Diminta Bawa Anaknya ke Rumah Sakit Jika Alami Gejala

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:59 WIB
Anak yang diperiksa kemungkinan akan diminta untuk melakukan kontrol ulang. Saat kontrol ulang, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya