Senin 09 Mei 2022, 23:21 WIB

Reklamasi Bekas Galian Tambang Libatkan Berbagai Pihak

Atalya Puspa | Humaniora
Reklamasi Bekas Galian Tambang Libatkan Berbagai Pihak

Antara/Jessica Hellena Wuysang
Lahan bekas galian tambang emas di Kalimantan Barat

 

PEMERINTAH terus berupaya untuk memulihkan lahan bekas tambang yang tersebar di wilayah Indonesia. Dikatakan Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro, pemulihan dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak.

"Untuk galian yang berada di wilayah izin usaha pertambangan yang masih berlaku, pelaksanaan reklamasi oleh pemegang izin dengan pertimbangan apabila dalam izinnya memperbolehkan tetap berupa lubang pasca tambang. Pada umumnya dilakukan sebelum atau menjelang pasca tambang," kata Sigit saat dihubungi, Senin (9/5). 

Adapun, berdasarkan data dari KLHK hingga 2019 terdapat seluas 810.292 hektare jumlah bukaan tambang di Indonesia. Provinsi dengan bukaan tambang terluas ialah Kalimantan Timur dengan luas 161.708 hektare. Selanjutnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung seluas 154.486 hektare. 

Baca juga : Presiden Tegaskan PPKM Terus Dilanjutkan Sampai Penanganan Pandemi Berhasil 100 Persen

Selaun itu jumlah lubang tambang di Kalimantan Timur terdapat 540, di Kepulauan Bangka Belitung terdapat 519 dan di Kalimantan Selatan terdapat 224 lubang belum direklmasi. 

Sigit melanjutkan, bagi lokasi galian yang izinnya sudah habis, pihak Kementerian ESDM akan menelusur kewajiban dan jaminan reklamasi.

"Untuk lubang tambang diluar wilayah izin usaha pertambangan telah mulai dilakukan pemulihan oleh pemerintah, swasta dan masyarakat," imbuh Sigit. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/ Galih Pradipta

Menteri PPPA Kecam Aksi Pengusiran oleh Warga Terhadap Seorang Perempuan di Cianjur

👤 Dinda Shabrina 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:25 WIB
Dalam kejadian yang menimpa N ini perlu dilakukan pendalaman lebih lanjut. Apapun alasannya, permasalahan sebab akibat menjadi syarat...
Dok IndonesiaKaya

Serial Musikal Siti Nurbaya Raih Penghargaan di Singapura

👤Retno Hemawati 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:13 WIB
Serial Musikal Nurbaya ini juga berhasil mendapatkan penghargaan bronze pada kategori Best PR Campaign: Entertainment dalam acara...
Ist

BMKG Terapkan Paradigma Preventive Maintenance Sistem Peringatan Dini

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:05 WIB
Langkah ini dilakukan karena BMKG tidak ingin “kecolongan” dengan kejadian bencana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya