Rabu 20 April 2022, 22:16 WIB

Manfaat Susu dan Kurma Bantu Penuhi Kebutuhan Gizi di Bulan Puasa

Eni Kartinah | Humaniora
Manfaat Susu dan Kurma Bantu Penuhi Kebutuhan Gizi di Bulan Puasa

Ist
Acara peluncuran susu MilkLife varian kurma, yang digelar secara daring.

 

DI bulan Ramadan, kurma menjadi buah yang banyak dicari oleh masyarakat muslim. Bukan tanpa alasan kurma menjadi primadona. Selain karena rasanya yang legit, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Kurma cocok dijadikan takjil saat berbuka, karena mengandung gula sederhana yang bisa segera memulihkan kadar gula darah yang turun setelah 14-an jam berpuasa. 

“Kurma juga tinggi serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna, dapat menjaga keseimbangan mikroflora di usus. Kandungan seratnya membantu menurunkan penyerapan kolesterol dan melancarkan buang air besar. Dengan mengonsumsi 3-5 buah kurma, sudah memenuhi 20% kebutuhan serat harian,” papar dokter spesialis gizi klinik dr. Feni Nugraha, MASR, MGizi, SpGK, pada acara peluncuran susu MilkLife varian kurma, yang digelar secara daring beberapa waktu lalu.

Kurma mengandung berbagai vitamin dan mineral, yaitu vitamin A, vitamin B kompleks seperti vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium, fosfor, zat besi, seng, selenium, magnesium, dan kalium. Juga ada kandungan zat bioaktif seperti polifenol dan karotenoid yang sifatnya sebagai antioksidan, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan baik untuk kesehatan jantung. Dengan segala kebaikannya, lanjut dr. Feni, kurma menjadi salah satu pilihan yang baik untuk disantap saat berbuka maupun sahur. 

Baca juga: Jaga Makan saat Hari Raya demi Hindari Risiko Hipertensi

Selain kurma, ada satu minuman yang juga sarat gizi, cocok untuk melengkapi asupan nutrisi saat berpuasa, yaitu susu. “Susu merupakan makanan yang mengandung zat gizi yang baik dan lengkap. Susu merupakan makanan sumber protein, yang berperan untuk menjaga imunitas tubuh, serta untuk kekuatan dan fungsi otot,” kata dr. Feni.

Apa saja kandungan gizi susu? Ada karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi, lalu protein, lemak yang baik yaitu omega 3, serta berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin E, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D, yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. “Satu gelas susu mengandung kalsium sekitar 300 mg yang setara dengan 30% kebutuhan kalsium harian kita,” terang dr. Feni.

Ia mengingatkan, saat berpuasa tubuh tetap memerlukan cairan sekitar 2 liter atau 8 gelas per hari. Susu, bisa menjadi salah satu asupan cairan yang sarat gizi. Jadi, dengan minum susu kebutuhan cairan tercukupi, asupan gizi pun makin lengkap. “Susu bisa diminum saat berbuka maupun sahur, melengkapi asupan lain seperti nasi, lauk, sayur, dan buah,” ucap dr. Feni.

Susu Kurma

Berangkat dari fakta kebaikan kurma untuk kesehatan, produsen susu Global Dairi Alami menghadirkan susu MilkLife varian kurma, dengan demikian masyarakat bisa menikmati manfaat ganda yang dihasilkan dari susu kurma. Peluncuran MilkLife varian kurma yang mengandung 9 vitamin dan 9 mineral itu mengusung semangat #Menebar Kebaikan.

“Komitmen kami adalah menghadirkan manfaat dari setiap kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh agar kesehatan selalu terjaga, termasuk di bulan suci Ramadhan yang masih dalam masa pandemi ini. Kami berharap semua orang bisa merasakan manfaat ganda dari susu dan kurma melalui MilkLife varian terbaru yaitu rasa kurma ini, serta menularkan semangat dalam #MenebarKebaikan,” ujar Bernadeth Virna Widiastuty, Marketing Manager Global Dairi Alami.

MilkLife juga berkomitmen untuk #MenebarKebaikan bagi semua orang, tidak terkecuali bagi penderita intoleransi laktosa yang ingin tetap dapat menikmati kebaikan susu sapi. MilkLife terus berupaya memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat dengan mengajak #BeraniMinumSusu melalui MilkLife Lactose Free.

“Terbuat dari 100% susu sapi segar yang mengandung banyak vitamin dan mineral, proses pembuatan MilkLife Lactose Free mencakup penambahan enzim laktase untuk memecah laktosa dalam susu sapi menjadi gula yang lebih sederhana sehingga susu ini aman diminum penderita intoleransi laktosa. Mereka tidak perlu lagi khawatir akan kembung atau bahkan diare setelah minum susu,” terang Virna.

Nilai plus lainnya, kedua varian tersebut, yakni Milklife varian kurma dan MilkLife Lactose Free, juga hadir dalam kemasan siap minum yang praktis, bisa disimpan di suhu ruangan dalam jangka lama, sehingga dapat dijadikan bekal yang siap diminum kapan pun dan di mana pun. Misalnya, ketika waktu berbuka puasa tiba sementara kita masih dalam perjalanan, kita bisa minum susu dulu untuk berbuka. Tentu saja, selain diminum langsung, susu MilkLife juga bisa diolah menjadi aneka minuman segar, atau sebagai bahan membuat ragam hidangan. 

“Sebagai aksi nyata PT. Global Dairi Alami dalam memaknai #MenebarKebaikan, kami membagikan produk MilkLife varian kurma ke sejumlah pesantren di Jakarta dan Jawa Barat yang menjangkau ribuan masyarakat," pungkas Virna. (Nik/OL-09)

Baca Juga

Ist

Pesan dan Menangkan Playstation 5 di JHL Solitiare Gading Serpong

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 11:36 WIB
Mengusung nama “Book And Win!”, para tamu JHL Solitaire Gading Serpong mendapatkan kesempatan membawa pulang...
FOTO ANTARA/Nyoman Budhiana

G20 Bahas Ancaman Antibiotika dan Antivirus Tak Mempan Atasi Infeksi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 11:22 WIB
Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan resistensi terhadap antimikroba merupakan masalah besar dunia saat ini, bahkan disebutkan sebagai...
Ist

CJ Logistcs Kenalkan Palet Zero Carbon dari Plastik Daur Ulang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 11:03 WIB
Penerapan palet ramah lingkungan ini telah menghasilkan penurunan emisi karbon dan lebih tahan lama dibandingkan palet kayu standar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya