Rabu 20 April 2022, 20:44 WIB

Menhub: Masyarakat Sebaiknya Mudik Lebaran pada 23-25 April

Despian Nurhidayat | Humaniora
Menhub: Masyarakat Sebaiknya Mudik Lebaran pada 23-25 April

MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di jalan tol arah Bogor.

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk melakukan mudik lebih awal, atau pada periode 23-25 April 2022, khususnya bagi pengguna jalur darat. 

Dengan begitu, pemudik dapat terhindari dari kemacetan akibat penumpukan kendaraan yang berlebih. "Presiden Jokowi menginstruksikan saya untuk mempersiapkan mudik dengan baik. Mudik saat ini naik 40% dibandingkan 2019," ujar Budi, Rabu (20/4).

"Itu tinggi sekali. Presiden khawatir dan kami disuruh melakukan rekayasa. Kita lakukan ganjil genap, one way, contra flow dan tidak memperbolehkan truk," imbuhnya.

Baca juga: Prediksi Puncak Arus Mudik Kereta Api

Menurut Budi, keberhasilan pengendalian mudik dapat terjadi, jika 30% dari kenaikan arus mudik dapat diatasi. Dari hasil rekayasa, lanjut dia, tingkat kegagalan dinilai cukup tinggi.

Pihaknya menegaskan bahwa jika tidak ada kesadaran masyarakat dan tetap mudik pada 28-30 April, kemungkinan besar terjadi kemacetan yang luar biasa.

"Jadi jangan diharapkan ke Semarang bisa 6-7 jam. Ini bisa dua kali lipat. Dalam ratas, Presiden instruksikan untuk lakukan mudik lebih awal dari 23 sampai 25 April," jelas Budi.

Baca juga: 99,2% Penduduk Jawa-Bali Sudah Punya Antibodi Sars-CoV-2

"Tadi pagi saya di Madura, banyak saudara kita sudah mudik dan sudah melakukan instruksi ini. Tinggal sekarang di darat yang paling complicated dari Jakarta sampai Semarang. Karena itu kami ajak warga mudik lebih awal," sambungnya.

Lebih lanjut, dia menekankan bahwa keberhasilan pengendalian mudik juga harus dilakukan oleh pengelola tol. Hal ini sangat krusial di mana ketika pengelola tol tidak bekerja dengan baik, kemacetan pasti akan terjadi.

"Memberikan suatu punishment pada tol yang tidak bekerja dengan baik, jadi cara mengatasi kemacetan. Kalau mau ikuti perkembangan mudik, kita punya posko dan akan kami update dua hari sekali," tandasnya.(OL-11)

 

 

Baca Juga

MI/HO

Masyarakarat dan Pengelola Berkolaborasi Lindungi Populasi dan Habitat Pari Mantra

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 00:22 WIB
Potensi mengenai populasi pari manta dan habitat mereka di kawasan ini masih belum banyak...
Dok Dompet Dhuafa

Kolaborasi Dompet Dhuafa-Lotte Mart di Tebar Hewan Kurban

👤Media Indonesia 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:55 WIB
KOLABORASI program tebar hewan kurban (THK) yang digaungkan Dompet Dhuafa bersama Lotte Mart memasuki tahun...
MI/ANTON

UI Raih Penghargaan Tertinggi Liga PTN BH

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:05 WIB
IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya