Rabu 30 Maret 2022, 21:56 WIB

Sejarah, Manfaat, Keragaman Tempe, dan Makanan Olahannya

Mediaindonesia.com | Humaniora
Sejarah, Manfaat, Keragaman Tempe, dan Makanan Olahannya

DOK Persagi.
Tempe terbuat dari kacang kedelai yang diproses melalui fermentasi menggunakan mikroorganisme kapang Rhizopus sp.

 

TEMPE sudah akrab dengan kita sebagai makanan sehari-hari dengan berbagai bentuk olahan. Ternyata tempe sudah ada sejak nenek moyang kita dulu. Faktanya lagi, makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat segala kalangan ini penuh dengan manfaat bagi kesehatan.

Ketua Umum DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Rudatin memaparkan bahwa dalam Serat Sri Tanjung dari abad XII-XIII menuliskan kacang kedelai sebagai bahan dasar pembuatan tempe. "Selain itu, Serat Centhini yang ditulis oleh R. Ng. Ronggo Sutrasno  pada masa pemerintahan Sultan Pakubuwono pada 1814 menggambarkan hidangan brambang jae santen tempe dan asem sambel lethokan disajikan oleh Pangeran Bayat yang menjamu Cebolang saat mampir ke dusun Tembayat di wilayah Klaten, dalam perjalanan dari Candi Prambahan menuju Pajang," ujar Rudatin dalam Press Conference DPP Persagi Mendukung Tempe sebagai Warisan Takbenda UNESCO secara online, Rabu (30/3). 

Lebih lanjut Rudatin menjelaskan bahwa menurut sejarawan Dr. Onghokham, masyarakat Jawa di era tanam paksa (1830-1870) mengonsumsi tempe yang tidak sengaja mereka temukan. Pada Encyclopaedia von Nedelandsch Indie (1922) disampaikan bahwa tempe sebagai kue yang terbuat dari kacang kedelai melalui proses peragian dan merupakan makanan kerakyatan (volk's voedsel).

Melihat sejarah panjang tempe itu, tidak mengherankan Indonesia menjadi negara produsen tempe terbesar di dunia dan pasar kedelai terbesar di Asia. Sebanyak 50% kedelai di Indonesia digunakan untuk memproduksi tempe, 40% untuk produksi tahu, dan 10% sisanya digunakan untuk produksi produk kedelai lain seperti tauco dan kecap. 

Karena itu, Rudatin mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya Indonesia berupa makan tempe. Alasannya, tempe merupakan makanan asli dari Indonesia. Tempe terbuat dari kacang kedelai yang diproses melalui fermentasi menggunakan mikroorganisme kapang Rhizopus sp sehingga protein nabatinya menjadi lebih mudah dicerna.

Beragam manfaat bagi kesehatan bila kita mengonsumsi tempe. Rudatin menyebutkan manfaatnya yaitu memenuhi kebutuhan vitamin B12; mencegah kanker, anemia, diabetes melitus, dan asma; menghambat proses penuaan; mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan; menjaga kesehatan jantung; mengobati diare; mencegah osteoporosis; dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Wanita Bicara Rasa Sakit Menjadi Botak akibat Alopecia Areata

Jenis tempe pun beraneka ragam. Ada tempe kacang kedelai, tempe bongkrek, tempe gembus, tempe koro pedang, tempe 
kacang hijau, tempe kacang merah, tempe menjes, dan tempe lamtoro. Warga juga membuat makanan olahan tempe tradisional yang bermacam-macam seperti tempe orek, tempe bacem, brownis tempe, sempol tempe, tempe mendoan, dan sate tempe. Bahkan makanan olahan tempe internasional seperti steak tempe, burger tempe, bola-bola tempe mozarella, tempe tacos, dan sushi tempe. Atas dasar keistimewaan produk pangan itu, Persagi mendukung tempe sebagai warisan takbenda UNESCO. (RO/OL-14)

Baca Juga

Ist

Dari Buka Salon di Garasi Rumah, Make Up Artist Satu Ini Bisa Keliling Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 14:34 WIB
Sebagai make up artist, Indah Aini memberanikan diri membuka salon sendiri di garasi rumah dengan modal awal Rp 4.5...
Ist

Hotel GranDhika Iskandarsyah Hadiahkan Motor Listrik di Malam Tahun Baru 2023

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 14:19 WIB
Tema “Carnival” merupakan ajakan untuk Anda menikmati liburan pergantian tahun dan staycation di Hotel GranDhika Iskandarsyah...
Ist

Cegah Efek Lebih Lanjut, Saat Nyeri Tulang Segera Periksa ke Dokter Ortopedi

👤Eni Kartinah 🕔Kamis 08 Desember 2022, 14:08 WIB
Dokter ortopedi mendorong masyarakat memerikasakan kesehatan tulang untuk mengidentifikasi tanda-tanda awal kondisi seperti radang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya