Kamis 24 Maret 2022, 18:55 WIB

Sekretariat Minamata Komitmen Dorong Kapasitas Negara Berkembang untuk Kurangi Penggunaan Merkuri

Atalya Puspa | Humaniora
Sekretariat Minamata Komitmen Dorong Kapasitas Negara Berkembang untuk Kurangi Penggunaan Merkuri

DOK.KLHK
COP-4.2: Presiden COP-4 Rosa Vivien Ratnawati (tengah) menyampaikan pandangannya di Fourth Meeting of the Conference of the Parties di Bali.

 

SEKRETARIS Eksekutif Konvensi Minamata Monika Stankeiwicz mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya untuk mendorong negara-negara berkembang dalam mengimplementasikan hasil dari Konvensi Minamata.

"Beberapa keputusan sedang diambil untuk memastikan mekanisme ini berfungsi dengan baik dan mampu menyediakan sumber daya yang cukup untuk negara-negara berkembang," kata Monika ditemui di Bali Nusa Dua Convention Center, Kamis (24/3).

Monika mengakui, memang tidak semua negara anggota konvensi memiliki kapasitas yang sama untuk mengimplementasikan semua ketentuan konvensi yang disepakati.

Namun demikian, ia meyakini bahwa di Konvensi Minamata pihaknya akan menyepakati tentang mekanisme keuangan untuk mendukung proyek-proyek besar yang berjalan di negara berkembang seperti Global Environment Facility (GEF) juga melalui protek yang lebih kecil melalui program internasional.

Selain itu, masukan dari para observer juga sangat membantu Konvensi Minamata untuk mencapai kesepakatan yang lebih inklusif. "Tentu saja keterlibatan dan inklusivitas adalah sebuah proses. Dan kami merupakan konvensi yang usianya masih muda di sini ada untuk mendengarkan harapan dari para pihak pengamat dan untuk memikirkan bagaimana melanjutkan ikatan erat antarnegara ini," ungkap dia.

Seperti diketahui, COP-4.2 Minamata kali ini dilaksanakan di Nusa Dua, Bali. Adapun, sejak dibentuk pada 2013 lalu, ini merupakan kali pertama COP Minamata diselenggarakan di luar Jenewa, Swiss.

Mengenai hal itu, Monika menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Indonesia yang telah bekerja dengan baik sebagai tuan rumah COP-4 Minamata kali ini. "Indonesia memberikan semua dukungan yang diperlukan untuk menyelenggarakan pertemuan ini dengan cara yang efisien dan memungkinkan partisipasi yang bermakna dan setara dari para pihak dan observer," ucap dia.

Selain itu, ia juga memuji kepemimpinan Presiden COP-4 Rosa Vivien Ratnawati yang dinilainya murah hati dan sangat menghargai semua peserta dan delegasi yang hadir. "Dari sisi teknis semua bekerja dengan sempurna. Kami telah mampu maju dalam hal-hal substantif yang membuka jalan bagi prosedur untuk semua agenda utama COP," ungkapnya.

Terpisah, Presiden COP-4 Rosa Vivien Ratnawati mengungkapkan, terdapat sejumlah pembahasan penting yang ditarget rampung pada pertemuan COP-4.2 Minamata yang berlangsung sejak 21 Maret 2022 hingga 25 Maret 2022 mendatang.

Antara lain mengenai amandemen annex A dan annex B, kerangka evaluasi efektivitas implementasi aksi pengurangan merkuri hingga penentuan anggaran dana. "Effectiveness evaluation dan work budget itu harus tercapai. Karena itulah yang membiayai pekerjaan kita," tutup Vivien. (H-1)

Baca Juga

Dok. Primaya Hospital

Ajak Masyarakat Bergerak Bersama, Primaya Hospital Gelar Olahraga Virtual Primaya Heart Race

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:49 WIB
Primaya Heart Race akan dilangsungkan dari tanggal 25 Agustus hingga 25 September 2022, dan dapat diikuti seluruh masyarakat tanpa batasan...
ANTARA FOTO/Biro Pers Media Setpres/Muchlis Jr

Pembinaan Paskibraka Diambil Alih BPIP, Menpora: Gak Masalah

👤Mediaindonesia 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:40 WIB
Menpora menjelaskan pihaknya tetap memfasilitasi seleksi dan pelatihan anggota Paskibra di tingkat provinsi melalui Dinas Pemuda dan...
Ist

Kanker Tiroid, Ini Daftar Gejala hingga Pengobatannya

👤Eni Kartinah 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:32 WIB
Kanker tiroid menempati urutan ke-12 dengan kasus kanker terbanyak yaitu mencapai 13.114 kasus. Kasus kanker tiroid ini 2-3 kali lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya