Kamis 17 Maret 2022, 20:25 WIB

Output Riset Tidak Boleh Bersifat Selingkungan

Fetry Wuryasti | Humaniora
Output Riset Tidak Boleh Bersifat Selingkungan

Dok. Setwapres
Wapres Ma'ruf Amin saat berdiskusi dengan Masyarakat Pemajuan Iptek dan Inovasi Nasional

 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap adanya kolaborasi antar peneliti untuk mendukung kemajuan iptek di Indonesia. Dileburnya seluruh badan riset menjadi satu lembaga terpadu, yaitu Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), diyakini merupakan solusi atas berbagai masalah dalam dunia riset dan inovasi di Indonesia. 

“Kita coba memetakan kembali supaya tidak terjadi apa yang disinyalir justru menimbulkan kemunduran dan disintegrasi tenaga riset. Tujuan utama BRIN untuk menghindari disintegrasi yang mengarah pada minimnya persaingan,” kata Ma’ruf saat audiensi virtual dengan Masyarakat Pemajuan Iptek dan Inovasi Nasional, Kamis (17/3).

Baca: Kepala BRIN: Tenaga Nuklir Sebagai Salah Satu Alternatif Utama Solusi EBT

Ma’ruf menyebutkan, sebelum BRIN dibentuk, sistem penelitian terpisah-pisah di sejumlah kementerian atau lembaga. Akibatnya, output penelitian hanya bersifat selingkungan atau spesifik pada kementerian atau lembaga yang menaungi unit riset tersebut

Menurutnya, ketidakpaduan sejumlah lembaga riset akan memberikan dampak negatif bagi perkembangan inovasi di Indonesia, karena minim kontribusi dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan kualitas kinerja. “Output penelitian hanya bersifat spesifik pada kementerian atau lembaga yang menaungi unit riset tersebut. Padahal kita butuh terobosan untuk meningkatkan kualitas kinerja pemerintah secara keseluruhan di berbagai aspek,” jelasnya.

Baca juga: Teknologi Digital Pendidikan Indonesia sebagai Praktik Baik pada G20

Staf Khusus Wakil Presiden Mohammad Nasir menambahkan, beberapa kendala yang ditemui peneliti dalam berbagai penelitian dan inovasi di Indonesia, dapat dicari solusinya', di antaranya melakukan konsolidasi dengan berbagai pihak terkait agar dapat menaungi para peneliti untuk berkontribusi dalam kemajuan bangsa. "Duduk bareng antara BRIN, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi serta para peneliti dengan punya pengalaman lama untuk membuat suatu roadmap riset yang ada di Indonesia sesuai bidang keahliannya masing-masing. Sebagai contoh, ada di LAPAN yang ahli dalam rekayasa bidang antariksa, di BATAN yang ahli rekayasa di bidang ketenaganukliran. Bila keduanya dapat diintegrasikan dengan baik, ini akan menjadi produktivitas inovasi di Indonesia dapat berjalan dengan baik,” kata Nasir.

Sebelumnya, Eks Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Amin Soebandrio menyampaikan beberapa masukan terhadap kemajuan pengembangan inovasi, khususnya pengembangan Vaksin Merah-Putih yang saat ini masih dilakukan. “Pertama, kami diberikan kesempatan untuk melaksanakan tugas-tugas kami. Kemudian penggunaan berbagai peralatan yang saat ini sudah ada, dapat dipertahankan. Kami juga diperkenankan untuk bekerja sama dengan institusi dalam maupun luar negeri, karena keberhasilan tugas-tugas kami tidak lepas dari pengembangan jaringan di dalam maupun luar negeri,” ujarnya. (P-3)

 

Baca Juga

MI/Dok Gyeongnam Jakarta Office

Gyeongnam Jakarta Office Gelar Acara Membuat Lentera dan Chungmu Kimbab

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 Juni 2022, 07:45 WIB
Acara itu mendapatkan perhatian besar dari masyarakat Indonesia dan tercatat sebanyak 600 orang telah mendaftarkan diri secara daring untuk...
MI/HO

Masyarakarat dan Pengelola Berkolaborasi Lindungi Populasi dan Habitat Pari Mantra

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 00:22 WIB
Potensi mengenai populasi pari manta dan habitat mereka di kawasan ini masih belum banyak...
Dok Dompet Dhuafa

Kolaborasi Dompet Dhuafa-Lotte Mart di Tebar Hewan Kurban

👤Media Indonesia 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:55 WIB
KOLABORASI program tebar hewan kurban (THK) yang digaungkan Dompet Dhuafa bersama Lotte Mart memasuki tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya