Rabu 09 Maret 2022, 19:00 WIB

Kesempatan Masih Terbuka untuk Ikuti Family Sunday Movie

Budi Ernanto | Humaniora
Kesempatan Masih Terbuka untuk Ikuti Family Sunday Movie

DOK IST
Menparekraf Sandiaga Uno.

 

DALAM kegiatan Family Sunday Movie (FSM) Road Show Bersama Komunitas Film Majalengka pada Minggu (6/9), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak para anak muda kreatif untuk berpartisipasi dalam FSM. 

“Pendaftaran masih kita buka sampai dengan 12 Maret 2022. Segera daftarkan karya terbaik kalian di familysundaymovie.com. Ayo, memanfaatkan kesempatan ini untuk berkarya #DiIndonesiaAja, membangkitkan sektor ekonomi kreatif, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, dan menggerakkan roda perekonomian masyarakat,” ujar Sandiaga dalam keterangan resminya, Rabu (9/3).

Berbagai apresiasi telah disiapkan bagi dua film yang terpilih. Di antaranya sertifikat, hadiah uang tunai, suvenir Wonderful Indonesia dan kit FSM. Selain itu, penayangan poster film di sejumlah area, seperti digital screen area gedung Kemenparekraf yang meliputi lift, lobi lantai 1, depan kantin lantai 1, dan lobi-lobi lantai 2 sebagai bagian dari ekshibisi. 

Film terpilih juga akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan. Film dengan jumlah viewer terbanyak, diungkapkan Sandiaga akan mendapat hadiah tambahan berupa uang tunai. 

“Bagi dua film terpilih setiap bulannya berhak menjadi nominasi pada malam penghargaan FSM November mendatang,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, selain bersilaturahmi dan melihat langsung perkembangan sineas daerah, Sandiaga juga turut menyaksikan pemutaran teaser film pendek berjudul ‘Kerupuk’ karya komunitas film Indie Positif. 

Baca juga: Manfaatkan Peluang Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi secara Bijak dan Kreatif

Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap film yang mengangkat kearifan lokal, UMKM, dan segala potensi yang dimiliki daerah. 

Iman Plezz, Sutradara film ‘Kerupuk’ mengatakan, ide film ini lahir dari upaya apresiasi terhadap kelezatan yang telah diciptakan oleh kerupuk itu sendiri. "Kerupuk bukan hanya sebagai makanan, melainkan sebuah kelezatan yang harganya murah tetapi bernilai tinggi, bahkan bisa bertransformasi ke dalam berbagai bentuk seni dan sendi kehidupan. Kerupuk, enggak ada kamu enggak kriuk," ujarnya. 

Sandiaga berharap apa yang dilakukan komunitas film Indie Positif bisa menginspirasi anak muda lain agar menjadi bagian dari generasi yang kreatif dan inovatif untuk mengangkat martabat dan mengembangkan daerahnya. 

Lebih lanjut dikatakan Sandiaga, “Saya bersama Presiden Jokowi tengah berupaya membentuk ekonomi baru di bidang digital, perfilman, ekonomi kreatif lain, dan juga bidang-bidang lainnya.”

Di bidang perfilman, FSM menjadi salah satu program Kemenparekraf yang dinilai tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. “FSM adalah festival film yang mendemokratisasi, sehingga teman-teman yang berada di akar rumput bisa tampil memegang alih pertumbuhan industri film,” papar Sandiaga.

Semua peserta FSM akan mendapat tempat setara sehingga para sineas muda tidak perlu takut untuk ikut serta. “Ajang ini membuka kesempatan luas bagi sineas daerah untuk unjuk diri, karena setiap karya memiliki keunikan masing-masing yang mencerminkan keberagaman budaya masyarakat Indonesia,” jelas Sandiaga.

"Begitu banyak ruang produksi, tetapi begitu sedikit ruang apresiasi dan FSM adalah salah satu ruang apresiasi untuk komunitas yang sedang bertumbuh seperti kami," ujar Iman Plezz, pendiri dan pembina komunitas Indie Positif menambahkan. 

Menurut Sandiaga pun, hal ini sangat penting karena apresiasi adalah hal terberat setelah produksi. 

Melalui FSM, Sandiaga berharap agar film pendek karya sineas daerah mampu bersaing dan menjadi kebanggaan dalam industri perfilman Indonesia di masa depan. (R-3)
 

Baca Juga

Ilustrasi

Psikolog: Teknologi Bisa Dimanfaatkan untuk Kemampuan Sosialisasi Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:55 WIB
Anna mencontohkan dengan bantuan orang tua sesama anak bisa memanfaatkan gawai untuk saling...
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

47.427 Peserta Siap Ikuti Ujian Mandiri SIMAK UI 2022

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:45 WIB
Seperti penyelenggaraan ujian pada tahun sebelumnya, ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional dilaksanakan lebih cepat dari ujian S1 Reguler,...
Antara

Sepekan Jelang Closing Date, 76.421 Jemaah Haji Sudah Diberangkatkan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:02 WIB
Pada Selasa (28/6) ini, sebanyak 2.923 jemaah haji Indonesia kembali diberangkatkan. Mereka terbagi dalam tujuh kelompok terbang dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya