Rabu 19 Januari 2022, 15:06 WIB

Prof.Sabrina: Nilai Kerja Pengaruhi Komitmen, Kinerja, dan Loyalitas dengan Pekerjaan

mediaindonesia.com | Humaniora
Prof.Sabrina: Nilai Kerja Pengaruhi Komitmen, Kinerja, dan Loyalitas dengan Pekerjaan

Ist
Pengukuhan Prof. Dr. Sabrina Sihombing sebagai Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Pelita Harapan di Kampus UPH, Tangerang, Rabu (19/1).

 

DOSEN Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pelita Harapan (UPH), Prof. Dr. Sabrina Oktaria Sihombing, S.E., M.Bus., dikukuhkan menjadi Guru Besar Ilmu Manajemen pada Rabu (19/1)  berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tertanggal 1 Oktober 2021. 

Pada acara pengukuhan, Prof. Sabrina menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Peran Penting Nilai dalam Manajemen Berkelanjutan”.

Melalui paparannya, ia menyampaikan bahwa pentingnya memahami nilai-nilai pribadi yang dapat memengaruhi perilaku individu untuk mencapai manajemen berkelanjutan.

“Manajemen berkaitan dengan orang-orang yang melakukan aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan demikian, dalam manajemen perlu pemahaman yang baik akan faktor-faktor eksternal dan internal yang dapat memengaruhi perilaku individual," jelas Prof.Sabrina

Menurut Prof.Sabrina, Salah satu faktor internal utama yang dipercaya sebagai fondasi dalam memengaruhi perilaku seseorang adalah nilai-nilai pribadi.

"Nilai-nilai pribadi kemudian terbentuk yang merepresentasikan keyakinan, prinsip, serta kualitas dari orang tersebut. Nilai-nilai pribadi yang kemudian akan memengaruhi pemikiran, perasaan, dan tindakan orang tersebut,” papar Prof. Sabrina.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa dalam manajemen keberlanjutan, nilai-nilai pribadi juga memengaruhi nilai-nilai kerja.

Nilai kerja adalah apa yang dianggap seseorang sebagai sesuatu yang penting dan relevan saat bekerja. Nilai-nilai kerja akan memengaruhi komitmen, kinerja, loyalitas, dan lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan.

Pemahaman akan nilai-nilai kerja karyawan merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam memotivasi mereka untuk berkomitmen dan produktif dalam pekerjaannya.

Menurutnya, pemahaman akan nilai-nilai pribadi dan nilai kerja yang selaras dengan nilai perusahaan akan mendukung keberlangsungan perusahaan tersebut.

“Pemahaman akan nilai-nilai pribadi yang selaras dengan nilai perusahaan akan mendukung keberlangsungan perusahaan tersebut. Penerapan manajemen yang berkelanjutan dan bertanggung jawab dalam bisnis, pemerintahan, dan masyarakat, membutuhkan orang-orang yang dapat memikul tanggung jawab untuk proses keberlanjutan tersebut," paparnya.

"Penelitian dan literatur telah menunjukkan bahwa karakteristik individu, yaitu nilai-nilai pribadi, merupakan elemen kunci dalam penerapan tersebut,” jelas Prof. Sabrina.

Prof. Sabrina berharap, buah hasil penelitiannya ini dapat memberikan suatu pandangan baru tentang pentingnya memahami nilai-nilai pribadi seseorang untuk mendukung keberlangsungan perusahaan.  

Dengan kembali adanya penambahan Guru Besar di UPH, yaitu Prof. Dr. Sabrina Oktaria Sihombing sebagai Guru Besar di Bidang Ilmu Manajemen, telah menjadi kebanggaan tersendiri bagi UPH.

Melalui hal ini juga UPH menunjukkan komitmennya untuk terus mendukung perkembangan keilmuan pendidikan manajemen agar semakin relevan dengan situasi kehidupan terkini. (RO/OL-09)
 

Baca Juga

ANTARA/ Galih Pradipta

Menteri PPPA Kecam Aksi Pengusiran oleh Warga Terhadap Seorang Perempuan di Cianjur

👤 Dinda Shabrina 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:25 WIB
Dalam kejadian yang menimpa N ini perlu dilakukan pendalaman lebih lanjut. Apapun alasannya, permasalahan sebab akibat menjadi syarat...
Dok IndonesiaKaya

Serial Musikal Siti Nurbaya Raih Penghargaan di Singapura

👤Retno Hemawati 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:13 WIB
Serial Musikal Nurbaya ini juga berhasil mendapatkan penghargaan bronze pada kategori Best PR Campaign: Entertainment dalam acara...
Ist

BMKG Terapkan Paradigma Preventive Maintenance Sistem Peringatan Dini

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:05 WIB
Langkah ini dilakukan karena BMKG tidak ingin “kecolongan” dengan kejadian bencana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya