Kamis 09 Desember 2021, 23:00 WIB

Ubah Muktamar Jadi Gelaran Virtual, Wahdah Islamiyah akan Salurkan Dana Muktamar Untuk Korban Bencana 

Mediaindonesia.com | Humaniora
Ubah Muktamar Jadi Gelaran Virtual, Wahdah Islamiyah akan Salurkan Dana Muktamar Untuk Korban Bencana 

Dok. Pribadi
Konferensi pers mengenai Muktamar IV Wahdah Islamiytah

 

DEWAN Pimpinan Pusat Wahdah Islamiyah dengan berbagai pertimbangan memutuskan menggelar Muktamar IV secara virtual. Sedianya, Muktamar IV digelar secara hibrida dengan pelaksanaan secara langsung di Makassar, Sulawesi Selatan.  

"Sebelumnya Pimpinan DPP Wahdah Islamiyah menentukan apakah hibirda atau terpaksa membuka opsi full online, dan keputusannya dengan berat hati kita memutuskan untuk full online," kata Ketua Umum Wahdah Islamiyah Zaitun Rasmin dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (9/12). 

Zaitun bercerita awalnya pelaksanaan Muktamar IV Wahdah Islamiyah akan digelar di Jakarta secara offline. Saat itu, kondisi pandemi di Jakarta sudah melandai dan kondusif. Namun, karena pemerintah masih memberlakukan kebijakan PPKM dan sebagian besar pengurus Wahdah Islamiyah berdomisili di Indonesia bagian timur maka diubah secara hibrida. 

“Sehingga diputuskan pelaksanaannya di Makassar secara hibrida" ujar Zaitun. 

"Dan saat menjelang muktamar, adanya kebijakan PPKM (Nataru) membuat sebagian peserta bimbang. Kalau datang offline akan ada kesulitan untuk pulang karena kebanyakan peserta terikat pekerjaan masing-masing. Dan sebagian dari mereka juga belum membeli tiket perjalanan," tambahnya. 

Selain itu, dalam pekan ini terjadi berbagai bencana alam di Indonesia seperti gunung meletus dan banjir. 

Baca juga : Pemerintah Wajibkan Vaksin Lengkap Syarat Perjalanan Natal-Tahun Baru

Dengan pertimbangan itulah, Muktamar IV akan digelar secara full online. "Dan sebagian dana muktamar akan disalurkan untuk korban bencana," ungkap Zaitun. 

Menurutnya, kesadaran sosial ini harus dibangun dan semua pimpinan setuju untuk acara secara online dengan mengutamakan untuk membantu korban bencana. 

Meski demikian, lanju Zaitun, pelaksanaan muktamar tetap akan digelar dengan semarak. 

"Pembukaan muktamar akan dilakukan secara semarak, grand opening akan dihadiri sekitar seratus ribu peserta secara online," ungkapnya. 

Pihaknya berharap, Grand Opening Muktamar Wahdah Islamiyah IV yang dibuka untuk masyarakat umum dapat memberikan manfaat yang luas. Pembukaan Muktamar IV Wahdah Islamiyah rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan dihadiri sejumlah menteri, diantaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta tokoh lainnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Kemenkominfo Ajak Masyarakat Bermedia Digital dengan Baik

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 00:01 WIB
Dr. Meithiana Indrasari, S.T., MM, mengtaakan di dalam dunia digital, digitalisasi budaya dalam jati diri kita dalam ruang digital tidak...
MI/SUSANTO

Jemaah Bersiap Melaksanakan Puncak Ibadah Haji Kamis Pagi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:30 WIB
Perjalanan haji dimulai dari maktab atau hotel jemaah tinggal, sudah mandi, berpakaian ihram dan niat haji kemudian diberangkatkan mulai...
Freepik.com

Literasi Digital Dapat Mengurangi Perundungan Digital

👤Mediandonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:06 WIB
Sekretaris Digimom Indonesia May Safitri memaparkan, remaja menjadi salah satu target atau korban utama dari perundungan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya