Sabtu 27 November 2021, 21:48 WIB

30 Tahun Yakult Berkontribusi untuk Indonesia

Ihfa Firdaus | Humaniora
30 Tahun Yakult Berkontribusi untuk Indonesia

DOK YAKULT

 

MINUMAN susu fermentasi ternama, Yakult, telah genap 30 tahun hadir di Indonesia. Produk asal Jepang ini kemudian dengan mudah diterima masyarakat sebagai minuman kesehatan dengan segudang manfaat baik yang terkandung di dalamnya.

Penemuan Yakult sendiri berawal dari penelitian seorang dokter dari Universitas Kyoto, Jepang, bernama Minoru Shirota. Dia terinspirasi dari peraih hadiah Nobel bidang fisiologi atau kedokteran Iliya Metchnikov (1908). Metchnikov menemukan pola hidup sehat masyarakat di Pegunungan Kaukasus yang minum susu fermentasi sehingga memiliki usia hidup panjang dalam keadaan sehat.

Atas dasar tersebut, pada 1930, Dr Minoru Shirota melakukan penelitian lebih dalam. Dia berhasil mengkulturkan bakteri baik L casei Shirota strain menjadi bakteri unggul yang tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu sehingga mampu mencapai usus kecil dalam keadaan hidup serta menguntungkan bagi  manusia. Inilah yang menjadi cikal bakal perusahaan ini berdiri sejak 1935 di Jepang dengan merek produk minuman susu fermentasi Yakult.


Setelah berhasil menjadikan minuman keluarga sehat Yakult di Jepang, Dr Minoru Shirota menyampaikan niat mulia bagi seluruh masyarakat di dunia yang disebut dengan Shirotaisme. Yaitu (1) mencegah lebih baik dari mengobati; (2) usus yang sehat adalah kunci umur panjang; dan (3) membuat Yakult tersedia dan terjangkau di seluruh dunia.

Deputy Director of PR Science Yakult Indonesia Jimmy Hariantono menjelaskan L casei Shirota strain merupakan bakteri dari kelompok Lactobacillus casei yang selalu ada di dalam Yakult. Minimal, katanya, dalam satu botol Yakult terdapat 6,5 miliar bakteri baik tersebut.

"FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) menggolongkan bakteri ini sebagai bakteri yang sangat aman. Beberapa studi memperlihatkan efek-efek baik terhadap bakteri Yakult. Penelitian terbaru 2021 memperlihatkan kemampuan dari bakteri L casei Shirota strain untuk mencegah konstipasi atau sembelit, tapi sebaliknya juga mempunyai pengaruh pencegahan terhadap terlalu sering buang air besar," jelas Jimmy dalam konferensi pers virtual, Sabtu (27/11).

Sejak berhasil diterima sebagai minuman yang mempunyai manfaat baik, Yakult mulai dikembangkan ke luar Jepang seperti Taiwan, Korea, Indonesia, dan seterusnya. Sekarang Yakult telah tersedia di 40 negara dan menjadi minuman yang dibutuhkan oleh semua usia mulai dari anak kecil hingga lanjut usia.

Di Indonesia, Yakult pertama kali beroperasi pada 1991 di bawah PT Yakult Indonesia Persada dan berkantor pusat di Jakarta. Sejak berdiri hingga sekarang, Yakult telah memberi kesempatan lowongan kerja bagi lebih dari 6.000-an karyawan tetap di semua lini usaha dan menjadi tempat kerja bagi 11.000-an ibu-ibu Yakult Lady sebagai Agen Bebas di wilayah tempat tinggal masing-masing.

Guna memasarkan produknya, PT Yakult Indonesia Persada mempunyai sistem distribusi langsung ke semua gerai (toko, swalayan, pabrik, institusi, dll). Distribusi dilakukan oleh Sales Force menggunakan mobil berpendingin khusus dengan mengenakan seragam resmi perusahaan.

Cara lain ialah melalui ibu-ibu Yakult Lady yang mengunjungi pelanggan langsung (di rumah-rumah, perkantoran, dll) sambil menjelaskan manfaat menjaga pola hidup yang baik dan sehat. Ibu-ibu Yakult Lady ini adalah petugas resmi Yakult yang telah terdidik dalam disiplin dan pengetahuan produk sehingga dapat menjadi Pusat Informasi Berjalan dalam komunitas tempat tugas mereka.

Sementara guna menjadikan produk yang baik ini dan selalu terjaga mutunya, PT Yakult Indonesia Persada memiliki dua pabrik yang terletak di Desa Pasawahan, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, seluas 5 hektare dan di Ngoro Industrial Park, Mojokerto, Jawa Timur, seluas 5,25 ha. Kedua pabrik ini berlokasi pada kaki gunung dengan kualitas dan kuantitas air yang telah teruji sehingga menjamin kelangsungan produksi.

Selain itu, standar produksi pabrik Yakult telah menerapkan ISO22000 : 2018 sebagaimana di seluruh dunia dan menjadi lokasi tujuan wisata pendidikan masyarakat. Setiap hari, kedua pabrik Yakult Indonesia dikunjungi lebih dari 400 orang berusia 13 tahun ke atas dari semua strata masyarakat.

Memasuki usia yang ke-30, Yakult Indonesia tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.  Hal ini selaras dengan apa yang diajarkan Dr Minoru Shirota dalam filosofi Shirotaisme, bahwa Yakult dijual dengan harga terjangkau agar masyarakat mampu mendapatkan manfaatnya. Tujuan inilah yang senantiasa dituju sebagai minuman keluarga sehat Indonesia.


Kali ini, acara perayaan ulang tahun atau anniversary ke-30 Yakult Indonesia dilakukan secara virtual, mengingat kondisi pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia. Kegiatan perayaan anniversary Yakult Indonesia sendiri biasanya diadakan 5 tahun sekali, di mana saat perayaan anniversary terakhir pada 2016, kegiatan dilakukan di Jakarta Convention Center dengan mengundang lebih dari 1.000 orang.

Walaupun diselenggarakan secara virtual, acara Anniversary 30 Tahun Yakult Indonesia berlangsung meriah dengan menghadirkan artis-artis ternama. Di antaranya Yuni Shara dan Rara Lida, dipandu oleh pembawa acara Indra Herlambang dan Ersa Mayori.

Adapun tema yang diangkat pada HUT ke-30 Yakult Indonesia adalah 'Terima Kasih 30 Tahun Bersama Yakult'. Tema tersebut memiliki arti bahwa perusahaan mengapresiasi sebesar-besarnya kepada karyawan, ibu-ibu Yakult Lady, dan keluarga termasuk pelanggan. Berkat merekalah Yakult dapat terus beraktivitas memberi pelayanan dan kontribusi terhadap masyarakat.

President Director PT Yakult Indonesia Persada Hiroshi Kawaguchi menegaskan bahwa Yakult bisa terus beroperasi selama 30 tahun ini adalah berkat dukungan masyarakat Indonesia. "Karena masyarakat Indonesia menerima kehadiran Yakult dan setiap hari minum Yakult, kami bisa merasakan perayaan 30 tahun ini," ungkapnya dalam kesempatan yang sama.

Selama 30 tahun, lanjut Kawaguchi, Yakult selalu menjalankan kegiatan dengan harapan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Untuk memberikan kontribusi terhadap kesehatan masyarakat, dia menyebut pihaknya menerapkan usaha-usaha seperti menjelaskan manfaat Yakult dan selalu mengantarkan Yakult yang segar.

Saat ini, penjualan Yakult mencapai 7 juta botol per hari. Kawaguchi pun yakin ke depan pihaknya masih akan terus mengembangkan pencapaian tersebut.

Marketing Communication & Commercial Director Yakult Indonesia Antonius Nababan menyebut angka 7 juta botol ini masih harus ditingkatkan. Pasalnya, baru 3,5% masyarakat Indonesia yang meminum Yakult setiap hari. "Artinya kontribusi kami masih belum bisa menjangkau 5-15% masyarakat yang bisa minum Yakult setiap hari," jelasnya.

Apalagi di masa pandemi, kata Antonius, daya tahan tubuh bisa dihasilkan dari pencernaan yang baik. "Dan ideologi Dr Shirota bahwa pencernaan baik bisa membuat usia yang cukup panjang. Jadi kami akan berusaha terus meningkat lebih banyak lagi masyarakat yang sehat karena bisa mengikuti pola preventif pencegahan penyakit," jelasnya.

"Dengan demikian, angka 7 juta, 8 juta, 10 juta botol, basic-nya adalah berapa persen masyarakat bisa sehat kami buat dengan mengkonsumsi Yakult agar pola pencegahan penyakit bisa mencapai kebiasaan hidup masyarakat di Indonesia," pungkasnya.

Pada momentum anniversary ke-30 ini, transformasi dilakukan agar kegiatan menyampaikan manfaat Yakult ke lebih banyak orang setiap hari terus terjaga. Salah satunya adalah kegiatan Film Showing dan Kunjungan Pabrik yang kini diubah menjadi virtual. Film Showing adalah penayangan film tentang manfaat produk, sementara informasi seputar proses pembuatan Yakult akan dijelaskan saat Kunjungan Pabrik.

Meski dilakukan secara virtual, antusiasme masyarakat dalam mengikuti aktivitas tersebut masih tinggi. Semenjak September 2020-September 2021, terdapat 161.710 orang mengikuti Film Showing secara virtual. Begitu juga kunjungan pabrik Sukabumi dan Mojokerto secara virtual pada periode November 2020-September 2021 diikuti 65.441 orang.

Usaha Yakult dalam edukasi manfaat Yakult dan pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) tidak berhenti sampai di situ. Program Kuliah WhatsApp atau Kulwap pun dibuat. Masyarakat dikumpulkan dalam sebuah grup WhatsApp untuk dibekali berbagai pengetahuan soal kesehatan, terutama pencegahan covid-19.

Tercatat pada Januari-September 2021, terdapat 41.531 orang yang telah mengikuti kegiatan Kulwap tersebut. Semua kegiatan edukasi yang diadakan Yakult ini bersifat gratis atau bebas dari penarikan biaya bahkan sejak sebelum pandemi.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak aktivitas yang dilakukan Yakult kepada masyarakat baik kalangan umum atau medis terutama di masa pandemi ini. Antara lain pemberian lebih dari 4 juta botol Yakult untuk 1.487 klinik, puskesmas, dan rumah sakit, hingga ikut serta dalam program Vaksinasi Gotong Royong.


Sebelum pandemi, perusahaan juga konsisten mengadakan sejumlah kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Antara lain seminar kesehatan, penanaman pohon massal, hingga pembuatan sumur biopori.

Perusahaan juga sedang melakukan uji coba penarikan sampah plastik pembungkus Yakult di 3  kantor cabang yaitu Bogor 1, Bogor 2, dan Sukabumi. Tujuannya agar sampah plastik hasil produksi dapat diolah atau didaur ulang menjadi barang rumah tangga yang bermanfaat. (Ifa/S2-25)

Baca Juga

Antara/Asprilla Dwi Adha

Ini Alasan Kemendikbudristek Kukuh Pertahankan PTM Meski Kasus Omikron Meningkat 

👤Faustinus Nua 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:40 WIB
"PTM sangat urgen, kita sudah menutup sekolah hampir dua tahun dan selama waktu tersebut banyak kejadian luar biasa diantaranya...
Dok. Pribadi

Alat Masak Berkualitas Ikut Tentukan Kelezatan Makanan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:37 WIB
Dilansir dari healthline, alat masak seperti panci dan wajan yang tidak berkualitas bisa jadi sampah menumpuk karena orang-orang tidak akan...
Ist

Hari Pendidikan Internasional, LSM di Indonesia Dorong Menu Berbasis Nabati

👤Eni Kartinah 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:12 WIB
Sinergia Animal ingin mendorong institusi untuk menyediakan makanan yang lebih ramah iklim dan lebih sehat kepada siswa  sejalan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya