Kamis 18 November 2021, 18:06 WIB

Vaksinasi Booster bagi Publik Ditarget pada 2022 Usai Kajian Rampung

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
Vaksinasi Booster bagi Publik Ditarget pada 2022 Usai Kajian Rampung

ANTARA/APRILIO AKBAR
Warga mengikuti vaksinasi COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Matraman, Jakarta, Selasa (16/11/2021).

 

PEMERINTAH bakal memulai program vaksin dosis ketiga atau booster bagi publik pada 2022. Namun, wacana tersebut baru dieksekusi setelah kajian rampung.

“Perluasan target booster di luar tenaga kesehatan dapat dilakukan setelah pengkajian lebih dulu,” kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi, Kamis (18/11).

Wiku mengatakan salah satu kajiannya, yakni data survei prevalensi antibodi yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Survei tersebut bertujuan mengukur kekebalan masyarakat terhadap covid-19.

Hasil survei rencananya dirilis pada medio Desember 2021. Survei bakal memberi gambaran lengkap ihwal kondisi antibodi masyarakat untuk menjadi dasar penyusunan kebijakan.

Baca jugaCakupan Vaksinasi Covid-19 Di Kota Sukabumi Mendekati 100%

Selain itu, kata Wiku, saat ini pemerintah memiliki fokus lain. Pemerintah berupaya mencapai target vaksinasi dosis pertama sebanyak 70% dari target vaksinasi hingga akhir Desember 2021.

Pemerintah memastikan memulai program vaksinasi covid-19 dosis ketiga atau booster secara lebih luas pada 2022. Skema jenis vaksin yang akan digunakan sebagai booster tengah dikaji.
 
Vaksinasi booster di Indonesia masih terbatas untuk tenaga kesehatan (nakes). Sebab, nakes dinilai berpotensi tinggi tertular virus korona.
 
"Sedang dikaji oleh lembaga penelitian bekerja sama dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) untuk melihat kombinasi vaksin mana yang paling baik," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melalui konferensi televideo, Selasa, 26 Oktober 2021. (A-2)

Baca Juga

AFP

Pemerintah Susun Instrumen Survei Indeks Kepuasan Jemaah Haji 1444 H

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 01:00 WIB
Penyusunan Instrumen Survei Kepuasan Jemaah Haji mengacu pada Standar Pelayanan Minimal...
Antara

RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, Upaya Memanusiakan Manusia

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 30 September 2022, 23:55 WIB
PRAKTIK perbudakan rupanya masih berlangsung di Indonesia seperti ditampakkan dari para pekerja rumah tangga (PRT) yang belum mendapatkan...
Instagram @gytr.art

Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni, Merawat Ibu Bhumi

👤 Faustinus Nua 🕔Jumat 30 September 2022, 23:50 WIB
Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni akan dipentaskan untuk khalayak ramai pada Sabtu 8 Oktober 2022 di Teater Besar Taman Ismail...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya