Sabtu 09 Oktober 2021, 18:52 WIB

Pilihan Program Pendidikan Jadi Passion Siswa, Orangtua Tak Boleh Memaksa

mediaindonesia.com | Humaniora
Pilihan Program Pendidikan Jadi Passion Siswa, Orangtua Tak Boleh Memaksa

Ist
Gelaran Education Fair atau Edufair SMAN 8 Jakarta atau Smandel melalui Zoom Meeting pada Sabtu (9/10).

 

PILIHAN program studi di perguruan tinggi harus menjadi passion dari siswa. Pilihan siswa lebih utama, sedangkan peran orangtua hanya mendampingi dengan baik dan orangtua tidak bisa memaksakan anak-anak mereka.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo Widyobroto, pada gelaran Education Fair atau Edufair SMAN 8 Jakarta atau Smandel melalui Zoom Meeting pada Sabtu (9/10).

Budi juga menginformasikan bahwa LTMPT telah merilis Top 1.000 SLTA berdasarkan nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) tahun 2020 dan 2021. SMAN 8 Jakarta mendapatkan urutan kedua di tingkat DKI dan urutan ketiga secara nasional.

Perlu diketahui bahwa UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer yang hasilnya nanti akan digunakan untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

“Saya berharap prestasi ini dapat dipertahankan. Beliau juga menyatakan kesiapan LTMPT sudah siap mendamping para rektor perguruan tinggi negeri di Indonesia untuk melaksanakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN tahun 2022,” kata Budi.

Sementara itu, Edufair Smandel yag memiliki motto Big Dreams, Big Choices telah berlangsung sejak Juli 2021 dengan menghadirkan sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi luar negeri (PTLN) serta perguruan tinggi kedinasan. Pada sesi akhir, disajikan  paparan tentang berbagai studi di Universitas Indonesia (UI).

Puncak acara Edufair Smandel yang berlangsung secara zoom dari Jumat (8/10 siang hingga Sabtu petang (9/10) diikuti ratusan siswa, orang tua dan guru ini mengambil tema “One Day with Universitas Indonesia”.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara antara lain Direktur Kemahasiswaan UI  Dr. Badrul Munir, Ph.D,  Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI Dr. Gunawan, ST, MT,  dan paparan dari Fakultas Ilmu Komputer bersama Dr. Dina Chahyati, S.Kom, M.Kom.

Paparan selanjutnya dari Fakultas Hukum oleh Dr. Yeni Salma Barlinti, SH, S.Hum, MH. Selanjutnya,  paparan dari Fakultas Teknik bersama Dr.Eng. Arief Udhiarto, ST,MT, IPM, disambung dengan paparan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersama ,Muhammad Hafiizh, ME dan acara Edufair ini ditutup dengan paparan dari Fakultas Kedokteran bersama  Dr. dr. Murti Andriastuti, SpA(K).

Tak lupa pada sesi-sesi tersebut para pembicara berdampingan bersama para alumni SMAN 8 Jakarta yang bercerita tentang suka duka kuliah dan memberikan dukungan kepada semua adek kelasnya untuk tetap semangat mencapai cita-cita lulus perguruan tinggi impian mereka, yaitu Universitas Indonesia.

Seperti Edufair sebelumnya, hari ini atau Sabtu (9/10) dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta, Dra Rita Hastuti, MPd dan Ketua Komite SMAN 8, Junito Ahmad Haryono yang tak lelah dan selalu semangat dalam memotivasi semua anaka didiknya. (RO/OL-09)

 

 

Baca Juga

AFP

Pemerintah: Omicron sudah di ASEAN, Masyarakat harus Taat Prokes

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:58 WIB
Sebelumnya, pemerintah telah mengetatkan aturan perjalanan dan aktivitas masyarakat selama libur Natal dan Tahun...
Antara/M.Risyal Hidayat

Kemenkes Tegaskan Faskes tak Boleh Tetapkan Tarif RT-PCR Melebihi Batas Atas 

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:28 WIB
Pemerintah telah menetapkan standar tarif pemeriksaan RT-PCR melalui surat edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor...
DOK/BOGASARI

Bogasari, Pabrik Terigu Pertama yang Berhasil Meraih Industri Hijau

👤Media Indonesia 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:10 WIB
Penghargaan dua kali berturut-turut ini merupakan kado terindah di ulang tahun ke-50 Bogasari yang jatuh pada 29 November...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya