Senin 04 Oktober 2021, 10:38 WIB

Upaya Cegah Stunting, Tanoto Foundation Luncurkan Buku untuk Remaja

mediaindonesia.com | Humaniora
Upaya Cegah Stunting, Tanoto Foundation Luncurkan Buku untuk Remaja

Ist/Tanoto Foundation
Peluncuran buku pencegahan stunting untuk remaja yang ditulis 16 mahasiswa yang tergabung dalam Tanoto Scholars Association.

 

TANOTO Foundation, organisasi filantropi independen yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto di tahun 1981, pada Jumat (1/10) meluncurkan buku pencegahan stunting untuk remaja yang ditulis oleh 16 mahasiswa-mahasiswi yang tergabung dalam Tanoto Scholars Association.

Buku berjudul ‘Cegah Stunting Sebelum Genting: Peran Remaja Dalam Pencegahan Stunting’ merupakan upaya Tanoto Foundation dalam mendukung target pemerintah Indonesia untuk menurunkan prevalensi stunting menjadi 14% pada tahun 2024. 

Menurut data Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) 2019 menunjukkan bahwa kasus stunting di Indonesia mencapai 27.7% yang artinya sekitar 1 dari 4 anak balita atau lebih dari 8 juta anak mengalami stunting
Permasalahan gizi pun dialami oleh banyak para remaja di Indonesia, yakni pemenuhan mikronutrien.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI 2018, sekitar 12% remaja laki-laki dan 23% remaja perempuan mengalami anemia, yang sebagian besar diakibatkan kekurangan zat besi (anemia defisiensi besi).

Anemia pada remaja perempuan akan mempunyai efek jangka panjang bahkan ketika mereka menjadi ibu yang akan hamil dan melahirkan seorang bayi.

Risiko tersebut yakni kematian ibu saat melahirkan, bayi lahir prematur dan berat bayi lahir rendah (BBLR). 

Oleh karena itu, sebagai calon orangtua dan agent of change (agen perubahan), remaja memiliki peran yang krusial dalam pencegahan stunting.

Buku yang diluncurkan dalam kerja sama dengan Kepustakan Populer Gramedia (KPG) dan didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini disusun dalam empat tema bermanfaat yang dapat diterapkan oleh para remaja di kehidupan sehari-hari, baik bagi diri sendiri hingga masyarakat.

Kategori-kategori tersebut meliputi pola konsumsi, pola pengasuhan anak usia dini, pelayanan kesehatan dasar, dan kesehatan lingkungan.


Untuk menandai peluncuran buku, Tanoto Foundation dan KPG melangsungkan sebuah talk-show virtual untuk membahas isu stunting itu sendiri dan bagaimana peran remaja dalam menyukseskan program pencegahan stunting nasional.

Acara peluncuran buku stunting ini turut dihadiri narasumber yakni ahli gizi, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, beserta salah satu penulis dari buku ini, Hendriasani Oktaviana yang merupakan penerima beasiswa program TELADAN dari Tanoto Foundation di Universitas Gajah Mada angkatan 2020 dan dimoderatori oleh Nitia Anisa. 

Dr. J. Satrijo Tanudjojo, CEO Global, Tanoto Foundation, menekankan pentingnya kesadaran para remaja dan peran mereka dalam pencegahan stunting di Indonesia.

Stunting merupakan masalah besar yang memerlukan atensi dari berbagai lapisan masyarakat termasuk kaum muda. Oleh karena itu, dengan dukungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Tanoto Foundation meluncurkan buku Cegah Stunting Sebelum Genting: Peran Remaja dalam Pencegahan Stunting dengan harapan akan semakin banyak para remaja Indonesia yang paham mengenai stunting,” jelas Satrijo.

Eddy Henry, Head of Early Childhood Education and Development (ECED) Tanoto Foundation menambahkan, “Dengan komitmen untuk meningkatkan kualitas manusia sedini mungkin, salah satunya melalui peran remaja dalam pencegahan stunting."

"Buku ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kesehatan dan gizi bagi remaja-remaja Indonesia, sehingga dapat memberikan dampak positif berkepanjangan bagi masyarakat Indonesia di masa depan,” kata Eddy.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. ir. Nizam, M.Sc, DiC, Ph.D mengucapkan apresiasinya untuk peluncuran buku ini.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Tanoto Foundation dan mahasiswa penerima beasiswa Tanoto yang telah menginisiasi penyusunan buku ‘Cegah Stunting Sebelum Genting: Peran Remaja dalam Pencegahan Stunting’ yang merupakan buku bacaan untuk dan dari remaja guna memberikan edukasi dan promosi mengenai isu stunting dan kontribusi nyata yang mahasiswa dapat lakukan dalam mengurangi angka stunting di indonesia, serta mewujudkan Generasi Emas indonesia,” papar Nizam. 

Buku Cegah Stunting Sebelum Genting: Peran Remaja dalam Pencegahan Stunting versi cetak dapat dibeli dengan harga terjangkau di berbagai toko buku Gramedia di Indonesia sementara versi e-book bisa diunduh secara gratis melalui https://sigap.tanotofoundation.org/p/cegah-stunting-sebelum-genting-peran-remaja-dalam-pencegahan-stunting/

Baca Juga

Antara

Ini Upaya Sekolah Mencegah Generasi Radikal Sejak Dini

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 30 November 2021, 15:15 WIB
UNTUK menghindari menciptakan pelajar atau generasi yang radikal berbagai upaya dilakukan sekolah untuk menciptakan kegiatan peserta didik...
Antara

DPR Kritisi Aturan Wajib Rapid Tes Antigen di Bandara Sam Ratulangi

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 30 November 2021, 15:05 WIB
DPR RI mengkritisi aturan yang mewajibkan pelaku perjalanan wajib rapid test antigen di area kedatangan Bandara Sam Ramtulangi, Manado,...
AFP/Lizabeth MENZIES / Centers for Disease Control and Prevention

Varian Omicron Berpotensi Hambat Pengembangan Vaksin Merah-Putih

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 30 November 2021, 15:04 WIB
Omicron tidak hanya bisa menular dengan cepat, varian ini dikhawatirkan akan mempengaruhi efikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya