Kamis 30 September 2021, 09:10 WIB

Puan Puji BIN Gelar Vaksinasi dan Rilis Aplikasi Tangkal Covid-19

mediaindonesia.com | Humaniora
Puan Puji BIN Gelar Vaksinasi dan Rilis Aplikasi Tangkal Covid-19

DOK
Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan (kiri) dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

 

KETUA DPR RI Puan Maharani mengecek pelaksanaan vaksinasi pelajar, santri, dan door to door yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan kali ini digelar serentak di lima provinsi Indonesia.

Awalnya, Puan Maharani yang didampingi Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan meninjau vaksinasi pelajar di SMKN 1 Cibinong. Puan pun memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BIN.

“Apresiasi yang besar dan setinggi-tingginya saya harus sampaikan kepada BIN, bersama seluruh elemen bangsa, pergi melaksanakan, pindah-pindah ke seluruh provinsi dan kabupaten/kota, bahkan ke sekolah-sekolah, untuk bisa mewujudkan Indonesia sehat, Indonesia hebat,” ujar Puan di SMKN 1 Cibinong, kemarin.

Puan menyebut BIN sangat siap menggelar vaksinasi massal pelajar dan santri. Dia mendukung penuh kegiatan vaksinasi yang digelar BIN.

“Saat dari penyambutan sampai kemudian berada di sini, saya betul-betul merasa BIN siap melaksanakan tugasnya. Bukan hanya urusan intelijen, tapi juga bagaimana ikut mengawal proses vaksinasi massal untuk pelajar dan santri di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, BIN meluncurkan Tangkalcovid-19, yaitu aplikasi canggih interaktif yang menyajikan kondisi covid-19 di seluruh dunia secara tepat dan akurat. Aplikasi ini diharapkan bisa menjadi media evaluasi masyarakat untuk menilai penanganan 3T dan kepatuhan 5M, serta mempersiapkan Indonesia dalam transisi dari pandemi menuju endemi.

Khusus di Indonesia, aplikasi Tangkalcovid-19 juga dibekali kemampuan lebih mumpuni karena masyarakat bisa mengetahui perkembangan kondisi covid-19 hingga level tertinggi di kabupaten atau kota. Tangkalcovid-19 dilengkapi kemampuan memprediksi kasus akurasi hingga 95%. Aplikasi ini bisa diakses melalui www.tangkalcovid-19.id atau melalui aplikasi android yang bisa diunduh di Play Store.

Puan juga menyapa pelajar dan santri yang mengikuti vaksinasi massal di empat provinsi lainnya secara virtual. Pelajar SMAN 1 Manado, Sulawesi Utara, Amadea, berterima kasih atas kegiatan vaksinasi ini.

“Jujur, Bu, kami sudah sangat rindu melaksanakan pembelajaran secara langsung. Setelah divaksin, kami bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. Bisa bertemu dengan guru, teman, dan gebetan,” kata Amadea. Puan pun tampak tertawa seusai mendengar apa yang disampaikan Amadea.

Setelah meninjau vaksinasi pelajar, Puan menuju lokasi vaksinasi door to door di Setu Sela, RT 03/RW 02, Karadenan, Kecamatan Cibinong. Warga setempat menyambut gembira kedatangan Puan dan Budi Gunawan.

Dalam kunjungannya, Puan sempat berbincang dengan warga sekitar. Puan pun mengingatkan warga sekitar untuk mengajak warga lainnya (satu kampung) agar mau divaksin supaya sehat.
 
Apresiasi warga
Salah satu warga yang divaksin, Aminah, amat senang mengikuti program vaksinasi door to door. Menurut dia, vaksinasi door to door mempermudah masyarakat karena didatangi secara langsung sehingga tidak perlu antre ke tempat vaksin.

Ia berharap semoga ke depannya Indonesia kembali pulih dan usaha-usaha lainnya kembali lancar.

Selain Jawa Barat, empat provinsi lain yang melaksanakan vaksinasi pelajar, santri, dan door to door ialah Banten, Lampung, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Utara. Adapun totalnya mencapai 28.150 dosis vaksin.

BIN juga memberikan bantuan sosial paket sembako kepada masyarakat yang meng­ikuti vaksin door to door, juga paket vitamin bagi pelajar dan santri. (RO/S3-25)

Baca Juga

Instagram Kemenkes RI

Cara Penularan Hepatitis Akut Misterius Mirip Hepatitis A

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:05 WIB
Hepatitis akut misterius yang menjangkiti Indonesia saat ini memiliki kemiripan gejala dan cara penularan dengan hepatitis...
Antara

54 Perguruan Tinggi Siap Bersaing di Kontes Robot Indonesia 2022

👤Renatha Swasty 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:05 WIB
KONTES Robot Indonesia (KRI) 2022 tingkat nasional resmi digelar luring setelah dua tahun dilaksanakan daring akibat pandemi...
MI/Susanto

Apresiasi Tim Kesehatan, Jemaah Rasakan Layanan Terbaik di Klinik Haji

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 07:45 WIB
Apresiasi seluruh layanan kesehatan ter-cover dengan sangat baik. Para jemaah selaku pasien merasakan keramahan dan layanan terbaik di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya