Selasa 28 September 2021, 20:26 WIB

Menhub Minta Tes PCR di Soetta Ditambah jadi 700 Penumpang Per Jam

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Menhub Minta Tes PCR di Soetta Ditambah jadi 700 Penumpang Per Jam

Antara
Tes PCR

 

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta kepada PT Angkasa Pura II untuk menambah fasilitas tes PCR di terminal kedatangan internasional atau terminal III Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Saat ini kapasitas tes PCR di bandara tersebut baru dapat memeriksa sebanyak 200 penumpang per jam. Dengan adanya penambahan fasilitas tes PCR diharapkan bisa memeriksa hingga sebanyak 700 penumpang lebih per jamnya.

“Penambahan fasiltas PCR ini perlu dilakukan untuk mempersingkat waktu tunggu para penumpang yang tiba di Soekarno-Hatta dalam menjalani pemeriksaan kesehatan di sini,” ujarnya dalam rilis resmi, Selasa (28/9).

Selain menyoroti terkait fasilitas pemeriksaan kesehatan, Menhub juga menginginkan tidak adanya kerumunan pada penumpang kedatangan internasional.

Baca juga : Covid-19 Terkendali, Luhut : Dunia Internasional Ingin Belajar dari Indonesia

Dia pun mendorong adanya integrasi data penumpang pesawat untuk memperlancar proses pemeriksaan kesehatan di kedatangan Internasional.

“Saya telah menginstruksikan Dirjen Perhubungan Udara untuk melakukan integrasi data dengan pemegang Air Operator Certificate/AOC (maskapai). Agar mempersingkat waktu karena penumpang tidak perlu mengisi dokumen lagi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,” tutupnya.

Sementara itu, Dirut AP II Muhammad Awaluddin mengatakan tengah menyiapkan laboratorium tes yang siap dalam waktu 2 pekan ke depan.

Laboratorium tes disiapkan di Bandara Soekarno-Hatta adalah laboratorium tes berstandar Bio Safety Level 2 (BSL 2) sehingga pelaksanaan tes PCR bagi penumpang internasional yang baru mendarat di Terminal 3 dapat dilakukan lebih masif dengan hasil tes diketahui hanya dalam waktu 1 jam. (OL-2)

 

Baca Juga

AFP

Indonesia Terima Bantuan Vaksin dari Selandia Baru

👤Ant 🕔Senin 25 Oktober 2021, 19:12 WIB
Total vaksin yang sudah datang di tanah air baik dalam bentuk bulk dan jadi adalah sekitar 292 juta...
MI/heri susetyo

Luhut : Saat Libur Nataru, Syarat PCR akan Diperluas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Oktober 2021, 18:59 WIB
Selama periode Nataru tahun lalu, meskipun penerbangan ke Bali disyaratkan PCR, mobilitas tetap meningkat dan pada akhirnya mendorong...
Antara

Banyak Kritik Soal Aturan PCR, Satgas: Dievaluasi Setiap Dua Minggu

👤Atalya Puspa 🕔Senin 25 Oktober 2021, 18:57 WIB
Menurut Satgas Covid-19, pemerintah memiliki sejumlah pertimbangan untuk mengeluarkan aturan pengetatan perjalanan di tengah pelonggaran...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya