Sabtu 25 September 2021, 14:17 WIB

Virus Korona Varian R.1 Lebih Menular dan Menurunkan Antibodi

 M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Virus Korona Varian R.1 Lebih Menular dan Menurunkan Antibodi

Ilustrasi/Shuttersyock
Ilustrasi virus SARS-COV-1.

 

PAKAR molekukar dari Universitas Indonesia (UI) Prof. dr. Amin Soebandrio W. Kusumo, PhD, SpMK(K) menyebutkan SARS-COV-1 varian R.1 yang baru ditemukan baru-baru ini memiliki beberapa sifat dan mutasi yang ada di varian lain seperti D614G dan E-484K yang menyebabkan perubahan sifat pada virus covid-19 tersebut.

"Terjadi perubahan sifat ya misal di D614G itu menyebabkan lebih menular dan E-484K itu menyebabkan penurunan daya netralisasi dsri antibodi," kata Amin saat dihubungi, Sabtu (25/9).

SARS-COV-1 varian R.1 memang baru ditemukan di salah satu panti jompo di Kentucky, Amerika Serikat, yang ditemukan pada Maret 2021. Di antara staf dan penduduk sekitar setelah divaksinasi dan diperiksa ditemukan varian tersebut di salah satu pegawainya.

Varian R.1 adalah salah satu varian yang mengandung sejumlah mutasi, di antaranya D614G yang terbukti meningkatkan kemampuan menular lebih tinggi seperti varian Delta yang sudah ada.

"Memang tingkat penularannya mirip-mirip seperti itu meskipun belum dibandingkan tapi kandungannya ada D614G. Itu sudah meluas memang ada di berbagai varian covid-19 lainnya dan E-484K ada juga di varian lainnya," jelas Mantan Kepala Pusat Riset Lembaga Biologi Molekuler Eijkman tersebut.

Amin menyebutkan bahwa varian R.1 tersebut sudah ada di Jepang namun kasusnya masih sedikit sekali dan di Indonesia sudah dicek belum ada temuan varian anyar tersebut.

Sementara efektivitas vaksin terhadap varian baru tersebut masih belum berubah namun terjadi penurunan efikasi karena perubahan antibodi sehingga terjadi terjadi penurunan tapi tidak sampai 50 persen.

"Mungkin ada penurunan efikasi karena ada perubahan di antibodi itu jadi tapi belum sampai menurun di bawah 50%," pungkasnya. (Iam/OL-09)

Baca Juga

Antara/Suwandy.

KPAI Dorong Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 15:38 WIB
Pihaknya mengimbau kepada seluruh orangtua agar tidak ragu untuk memberikan vaksinasi covid-19 untuk...
AFP

Biaya Pemeriksaan RT-PCR dengan Hasil Cepat tak Boleh Melebihi Tarif Tertinggi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 02 Desember 2021, 15:07 WIB
Pemerintah telah menetapkan standar tarif pemeriksaan RT-PCR melalui surat edaran tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan...
 FOTO/Biro Pers Sekretariat Presiden

Tinjau Mangrove Conservation Forest, Presiden: Kita Tunjukkan kepada Dunia

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 02 Desember 2021, 15:07 WIB
Indonesia harus bisa menunjukkan pada masyarakat internasional akan komitmennya dalam mengatasi perubahan iklim dan melestarikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya