Selasa 14 September 2021, 14:56 WIB

HUT Ke-19 Manggala Agni: Tetap Teguh Berbakti dan Tangguh Mengabdi

mediaindonesia.com | Humaniora
HUT Ke-19 Manggala Agni: Tetap Teguh Berbakti dan Tangguh Mengabdi

Ist
peringatan Hari Ulang Tahun Ke-19 Manggala Agni secara virtual dan faktual, Senin (13/9/2021).

 

DIREKTUR Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memimpin langsung peringatan Hari Ulang Tahun Manggala Agni secara virtual dan faktual, Senin (13/9/2021).

Selama 19 tahun, Manggala Agni telah melakukan berbagai upaya dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah rawan di Indonesia.

Manggala Agni turut berperan penting dalam perubahan paradigma dengan mengedepankan tindak pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang telah dilakukan sejak tahun 2015.

Begitu juga dalam upaya solusi permanen Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk analisis data iklim dan wilayah, operasional dalkarhutla serta pengelolaan landscape.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Laksmi Dhewanthi mengungkapkan berbagai upaya tersebut membuahkan hasil dimana pada tahun 2020 hingga awal September 2021 ini hotspot dan luas areal terbakar tetap dapat dikendalikan.

“Kita semua sangat berharap bahwa tahun 2021 ini upaya-upaya kita dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan dapat lebih baik lagi,” harapnya.

Lebih lanjut, Laksmi mengatakan tantangan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Indonesia belumlah usai. Fakta bahwa penyebab paling besar kebakaran hutan dan lahan adalah aktivitas manusia memerlukan komitmen dan upaya serius dari para pihak.

"Menjadi tugas kita semua untuk melakukan pendekatan dan pendampingan kepada masyarakat sebagai mitra untuk lebih bijak dan berhati hati dalam memilih metode pembukaan lahan," katanya.

Dalam laporannya, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK, Basar Manullang, mengungkapkan maksud dilaksanakannya kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-19 Manggala Agni Tahun 2021 adalah untuk menumbuhkan rasa memiliki dan kekeluargaan antar anggota, serta menguatkan jiwa patriot Manggala Agni dalam melaksanakan tugas pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Sedangkan tujuannya adalah untuk mengingatkan titik sejarah terbentuknya Daops Manggala Agni di Indonesia, meningkatkan motivasi tim kerja dalam pengendalian karhutla, serta mempersatuan dan kesatuan antar anggota Manggala Agni.

“Kepada Manggala Agni agar tetap bersiaga dan melaksanakan tugas pengendalian karhutla meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, bersinergi dengan semua pihak dilapangan, TNI, Polri, BPBD, dinas kehutanan, perusahaan pemegang izin." jelasnya.

"Sserta meningkatkan kemitraan dengan Masyarakat Peduli Api untuk menjaga wilayahnya masing-masing agar aman dari karhutla, secara berkala melatih diri untuk menjaga stamina agar siap bertugas dan meningkatkan kompetensi mengikuti perkembangan informasi dan teknologi terkini,” ungkap Basar.

Peringatan Hari Ulang Tahun Manggala Agni yang jatuh pada tanggal 13 September, juga dilangsungkan secara serentak pada kantor Daops Manggala Agni dan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan di seluruh Indonesia. 

Dalam acara ini, turut hadir juga Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari, Direktur Konservasi Sumber Daya Alam, Tenaga Ahli Menteri Bidang Manajemen Landscape Fire.

Selain itu, hadir pula Kepala Badan Restorasi Gambut, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Direktur Lingkup Ditjen PPI, Kepala Balai Pengendalian perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan se-Indonesia Koordinator Manggala Agni se-Indonesia, Kadoaops Manggala Agni se-Indonesia, dan Manggala Agni se-Indonesia. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA

BMKG Hadirkan Inovask Dukung Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 24 September 2021, 16:47 WIB
bentuk dukungan yang diberikan meliputi berbagai inovasi-inovasi dalam pelayanan informasi cuaca dan iklim maritim guna menyokong...
Kemendikbus

Data Klaster Covid-19 Sekolah Kurang Akurat, Kemendikbud-Ristek Jajaki PeduliLindungi

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 24 September 2021, 16:30 WIB
KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengakui data klaster sekolah terpapar covid-19 yang miliknya kurang...
dok.Unas

Ada 2.710 Mahasiswa Baru Unas Ikuti PLBA secara Daring

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 September 2021, 16:00 WIB
Sebanyak 2.710 mahasiswa baru Unas mengikuti Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) secara...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya