Minggu 12 September 2021, 15:40 WIB

Berusia 64 Tahun, Unpad Bertransformasi Menuju Hybrid University

Zubaedah Hanum | Humaniora
Berusia 64 Tahun, Unpad Bertransformasi Menuju Hybrid University

Unpad
Logo kampus

 

UNIVERSITAS Padjadjaran tepat berusia 64 tahun pada Sabtu (11/9). Peringatan dies natalis menjadi kesempatan Unpad untuk mengevaluasi yang telah dilalui dan memikirkan masa depan.

“Perayaan Dies Natalis adalah kesempatan kita untuk mengevaluasi perjalanan yang telah dilalui dan juga memikirkan masa depan Unpad,” kata Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti dalam Peringatan Puncak Dies Natalis ke-64 Unpad dilansir dari laman Unpad, Minggu (12/9).

Dalam pidatonya, Rektor memaparkan sejumlah upaya dan capaian Unpad, termasuk dalam menghadapi era disrupsi dan pandemi Covid-19.

Rektor mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah mengakselerasi percepatan transformasi digital mendukung pendidikan, riset, dan perkantoran. Saat ini semakin banyak kegiatan yang dialihkan secara daring, berdampingan dengan kegiatan yang efektif jika dilakukan secara fisik.

Diungkapkan Rektor, Unpad tidak akan kembali melakukan berbagai kegiatan seperti pada kondisi sebelum pandemi.

“Unpad akan memasuki tatanan baru dalam pengelolaan kegiatan kampus yang akan dilakukan secara hybrid. Mengelola transisi ini membutuhkan manajemen perubahan yang harus didukung oleh semua pimpinan, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa,” kata Rektor.

Tahun ini, peringatan Dies Natalis Unpad mengusung tema “Universitas Padjadjaran Menuju Transformasi Hybrid University”. Rektor mengungkapkan, adaptasi yang dilakukan Unpad menghadapi berbagai disrupsi akan diimplementasikan di Unpad.

“Hybrid University ini tetap diposisikan untuk menjamin proses penguatan pendidikan sesuai dengan nilai luhur dan ciri Unpad, menggabungan keunggulan atas cara konvensional dan tuntutan masa depan dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat,” kata Rektor.

Pengembangan Hybrid University, imbur Rektor, tetap diposisikan untuk menjamin proses penguatan keunggulan Unpad sesuai dengan visi dan nilai Universitas Padjadjaran.

Rektor mengatakan, masa depan Unpad terlihat cerah, jika dapat bergerak cepat dengan kelincahan dalam rangka menghadapi berbagai tantangan dan disrupsi.

“Masa depan Unpad terlihat cerah, asalkan kita bergerak cepat dengan kelincahan menjalankan transformasi Unpad Hybrid University untuk tujuan mewujudkan visi yaitu Unpad bereputasi dunia dan berdampak bagi masyarakat,” kata Rektor. (H-2)

Baca Juga

Antara

Nilai Literasi Digital Indonesia 3,47 Poin, Ini Artinya

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 19 September 2021, 07:00 WIB
Indonesia mencatatkan nilai literasi digital 3,47 dari skala 1-4 atau...
Dok. Pribadi

Sekolah Diminta Optimalkan TIK dalam Pembelajaran

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 19 September 2021, 01:43 WIB
Selain untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, TIK dapat dioptimalkan untuk menciptakan manajemen sekolah yang efektif dan...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Alumni Akpol 1990 Gelar Bakti Sosial dan Vaksinasi

👤Meidiaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 22:17 WIB
Dari lulusan Akabri Angkatan 1990, tercatat 147 alumnus menjadi perwira tinggi. Untuk TNI-AL, tercatat 33 alumnus Akabri 1990 menyemat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya