Senin 23 Agustus 2021, 21:30 WIB

Melalui Literasi, Perpusnas Berperan Dalam Mengembangkan UMKM dan Koperasi

Widhoroso | Humaniora
Melalui Literasi, Perpusnas Berperan Dalam Mengembangkan UMKM dan Koperasi

DOK Perpusnas
Talkshow "Literasi Kebangsaan Memperkokoh Nasionalisme dan Mempercepat Pemulihan Ekonomi Berbasis Koperasi", Senin (23/8).

 

PROKLAMATOR Bangsa, Bung Karno dan Bung Hatta mempunyai visi untuk membangun kemandirian politik, budaya, dan ekonomi. Visi di bidang ekonomi dirumuskan sangat jelas dalam pasal 33 Undang-undang Dasar 1945.

Melalui konsep Tri Sakti Bung Karno memiliki visi mewujudkan kemandirian bangsa di bidang politik, ekonomi, dan kebudayaan menuju kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Sedangkan Bung Hatta melalui Konsep Ekonomi Kerakyatan menjadikan koperasi sebagai soko guru dan tulang punggung ekonomi.

Bung Hatta, ungkap Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, menyatakan bahwa ekosistem ekonomi berasaskan kekeluargaan wujudnya adalah koperasi. Karena itu, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan koperasi harus mengembangkan model bisnisnya dengan asupan informasi yang memadai.

Di tengah perkembangan dunia yang semakin kompetitif, jelas Teten, dunia usaha terutama UMKM dan koperasi harus melakukan inovasi dan transformasi. Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memiliki kontribusi dalam mengembangkan UMKM dan koperasi di Indonesia tersebut melalui konten informasi yang dimiliki.

"Karena itu akses informasi sangat penting terhadap pengembangan usaha termasuk vokasi. Disinilah peran Perpusnas yang bisa memberikan akses bagi pengembangan kewirausahaan di Indonesia," jelas Teten dalam talkshow Internalisasi Pemikiran Bung Karno dan Bung Hatta dengan tema "Literasi Kebangsaan Memperkokoh Nasionalisme dan Mempercepat Pemulihan Ekonomi Berbasis Koperasi", yang digelar secara daring Senin (23/8).

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menegaskan peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Buku-buku terapan yang ada di perpustakaan, ujarnya, bermanfaat untuk meningkatkan skill atau keterampilan masyarakat.

"SDM yang berkualitas adalah SDM yang memiliki penguasaan terhadap ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan yang diimplementasikan untuk menciptakan barang dan jasa. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan income per kapita masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan," ungkapnya.

Sejak 2018, Perpusnas mengusung program Perpustakaan Transformasi Berbasis Inklusi Sosial untuk masyarakat marjinal. Tahun ini, program berlanjut dan pendampingan telah membuahkan hasil, di mana masyarakat yang mengikuti program telah membuka UMKM. "Ini sebagai bentuk dukungan penuh Perpusnas dalam meningkatkan literasi masyarakat untuk pemulihan ekonomi di era pandemi," jelasnya. (RO/OL-15)

Baca Juga

Dok. McDonald’s Indonesia

Tingkatkan Literasi, McDonald’s Indonesia Berikan Beasiswa Pelatihan untuk 1.200 Guru SD

👤Indrastuti 🕔Minggu 26 Juni 2022, 09:15 WIB
Pelatihan akan diselenggarakan pada 27 Juni-1 Juli 2022 secara online, dengan dua tema yaitu kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen...
ANTARA/AMPELSA

Pendidikan dalam Keluarga Faktor Utama Pencegahan Anak pada Narkotika

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:50 WIB
Fungsi pendidikan dalam keluarga tidak bisa berjalan dengan baik jika komunikasi antara anak dan orang tua macet atau...
ANTARA/NOVRIAN ARBI

KKHI Laporkan Enam Calhaj Meninggal di Daker Mekkah

👤Humaniora 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:10 WIB
Sebagian besar calon haji yang meninggal diakibatkan penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya