Selasa 10 Agustus 2021, 14:06 WIB

Pemerintah Harus Orkestrasi Komunikasi Publik

Yunia Harsari/Bosco/Metro TV | Humaniora
Pemerintah Harus Orkestrasi Komunikasi Publik

www.kominfo.go.id
Usman Kansong dilantik sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 

KOMUNIKASI publik pemerintah harus terorkrestasi sehingga pesan yang hendak disampaikan pemerintah dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong di Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Baca juga: ICW Kritisi Aturan Perjalanan Dinas Pegawai KPK

Seusai dilantik oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Usman mengatakan ada tiga tantangan yang dihadapi pemerintah.

Tantangan pertama ialah komunikasi publik yang tidak lagi tersentralisasi, kedua maraknya hoaks di era digital, dan terakhir membangkitkan kesadaran masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19.

"Tantangan pertama tentunya transformasi dari Departemen Penerangan menjadi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tadinya proses komunikasi publik itu tersentralisasi tapi kan sekarang terdistribusi," ujarnya.

Terkait hal itu, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik harus mengorkestrasi dan menggerakkan harmoni komunikasi publik pemerintah supaya bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.  

"Tantangan kedua tentu karena era digital maka kita sering mendapatkan hoaks, disinformasi, misinformasi, dan malinformasi," tegas dia.

Mantan Pemimpin Redaksi Media Indonesia itu menambahkan, platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram tidak bisa lepas tanggung jawab terkait dengan maraknya hoaks di era digital saat ini. 

"Karena memang hoaksnya itu adanya di situ," imbuhnya.

Terkait dengan pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia, pihaknya akan memulai kampanye massif terkait dengan gerakan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau 3M.

"Saya kira yang paling penting kampanye pakai masker. Sekarang masih 85% harus sudah 90% pada September ini. Target yang terukur kuantitatif. Itu yang mesti kita kejar dulu, lainnya paralel," ucap dia. 

Tidak hanya itu, pemerintah juga akan semakin mengencarkan perihal tracing, testing, treatment atau 3T,

"Bagaimana kita mengomunikasikan 3T dan juga vaksinasi. Kita ajak untuk mau divaksin supaya kita bisa segera mengendalikan pandemi ini," terang Usman. 

Untuk diketahui, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melantik Usman Kansong sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo. Pelantikan itu berlangsung di Media Center Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (10/8/2021). 

Baca juga: Pelayanan Pajak Daerah Secara Drive Thru di Sidoarjo

Usai prosesi pelantikan, Menteri Johnny meminta Usman melakukan komunikasi publik secara akurat dan tepat serta melindungi masyarakat dan memberikan penjelasan atas hoaks dan infodemi yang tersebar. 

"Saya percaya Pak Usman sebagai bagian dari lingkungan media dan seorang jurnalis senior Indonesia pasti mampu melaksanakannya dan dengan didukung jaringan media massa dan kanal media,” kata Johnny. (A-3)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Buku The Games of Life and How to Wint It : Filosofi Kehidupan dalam Permainan Golf 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 September 2021, 23:21 WIB
Ramses menggambarkan, pemainan golf yang digemarinya bagaikan gambaran kehidupan...
Istimewa

Jika Tidak Dimanfaatkan, Bonus Demografi Bisa Jadi Beban Pembangunan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 27 September 2021, 22:45 WIB
Peluang meningkatnya pendapatan per kapita penduduk paling besar didapatkan pada saat era bonus...
Antara

Mensos Hapus 9 Juta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional dari DTKS

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 27 September 2021, 22:20 WIB
Sebanyak 9.746.317 penerima bantuan iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI-JKN) dihapus dari DTKS setelah pemadanan dengan data nomor induk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Porsi Terbesar Operasi untuk Edukasi

Protokol kesehatan pun menjadi fokus Operasi Patuh Jaya 2021

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya