Senin 12 Juli 2021, 17:46 WIB

Seminggu PPKM Darurat, Luhut: Mobilitas Warga Berkurang 10-15%

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Seminggu PPKM Darurat, Luhut: Mobilitas Warga Berkurang 10-15%

MI/Andri Widiyanto
Suasana kawasan Sudirman, Jakarta, yang terpantau sepi di masa PPKM darurat.

 

KOORDINATOR PPKM Darurat yang juga Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut mobilitas warga sudah berkurang dalam sepekan pelaksanaan PPKM darurat. Berdasarkan pemantauan, aktivitas atau mobilitas warga pada 3-10 Juli 2021 menurun hingga 10%-15%.

"Jawa-Bali sudah menunjukkan penurunan mobilitas dan penurunan aktivitas masyarakat 10-15% dari target kita 20% atau lebih. Implementasi di lapangan lebih baik. Kami berharap satu minggu ke depan mobilitas masyarakat semakin turun," kata Luhut dalam konferensi pers seusai rapat terbatas di Istana Presiden, Senin (12/7).

Baca juga: 10 Juta Bahan Baku Vaksin Tiba di RI, Menkes: Percepat Herd Immunity

Pemerintah dikatakannya terus memantau mobilitas masyarakat selama PPKM darurat dengan menggunakan Google Traffic. Berikut, Facebook Mobility dan Indeks Cahaya Malam NASA. Penurunan mobilitas warga diharapkan mampu menekan laju penularan covid-19.

Luhut pun berharap agar penambahan kasus covod-19 per hari bisa ditekan di bawah 30 orang. Dalam beberapa hari terakhir, kenaikan kasus positif masih di atas 30 ribu orang, meskipun tingkat kesembuhan juga meningkat.

"Jadi, kami berharap minggu depan sudah mulai (berkurang mobilitas). Kalau semua berjalan disiplin, akan mulai flattening atau mulai merata (kasus covid-19). Kita harap nanti cenderung terkendali," pungkas Luhut.(OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

31 Negara Laporkan Hepatitis Akut

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:49 WIB
Berdasarkan laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Amerika Serikat dan Inggris menjadi negara terbanyak...
Ist/Kemenperin

Calon Peserta Didik Vokasi Kemenperin Ikuti Tes Tertulis Online Pekan Ini 

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:27 WIB
BPSDMI, Kemenperin, mengingatkan calon siswa dan mahasiswa yang mendaftar  pendidikan vokasi Kemenperin, untuk mempersiapkan diri...
Ist

Kimia Farma Diagnostika Luncurkan Layanan Kesehatan Terbaru

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 15:58 WIB
Aktivitas layanan telesales ini akan berfokus dalam merespons segala keinginan atau kebutuhan customer (inbound) dan melakukan service...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya