Sabtu 26 Juni 2021, 06:30 WIB

Vaksinasi Harapan Hentikan Penularan

Put/X-8 | Humaniora
Vaksinasi Harapan  Hentikan Penularan

MI/RAMDANI
Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria (kedua kanan) membacakan puisi didampingi host Yohana dengan iringan grup band Slank.

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya menggencarkan pemberian vaksin bagi warga untuk menekan penularan covid-19. Vaksinasi dinilai sebagai salah satu harapan terbaik yang ada untuk mencegah penularan dan tingkat keparahan infeksi.

Pada program Vaksin untuk Indonesia di Metro TV bersama Slank, tadi malam, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan butuh komitmen bersama untuk membuat DKI Jakarta bangkit dari keterpurukan akibat pandemi covid-19. Untuk menggaungkan ajakan tersebut, Jakarta Bangkit dipilih sebagai tema HUT ke-494 DKI Jakarta tahun ini.

“Kami terus berupaya melakukan pencegahan, penanganan, dan pengendalian. Upaya pencegahan kita lakukan sosialisasi dan kampanye tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan, menjaga kesehatan, dan lain-lain,” ujar Riza.

Pemprov DKI Jakarta juga telah melakukan percepatan berbagai upaya penanganan covid-19 yang angkanya terus melonjak. Upaya-upaya itu antara lain meningkatkan fasilitas 140 rumah sakit untuk penanganan covid-19, 22 tenda darurat di halaman RSUD seluruh Jakarta, pengerahan 144.700 tenaga kesehatan, serta 267 unit puskesmas tingkat kelurahan, dan 44 puskesmas tingkat kecamatan.

“Kami juga sudah menambah okupansi tempat tidur di fasilitas kesehatan hingga mencapai 9 ribu dan 1.000 tempat tidur untuk ICU,” kata Riza.

Meski begitu, Riza mengatakan saat ini tingkat keterisian tempat tidur ruang perawatan dan ICU telah mencapai di atas 90%. Karena itu, kewaspadaan sangat penting ditingkatkan.

Dalam kesempatan yang sama, dokter spesialis anak dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Soedjatmiko mengatakan berita gugurnya dua tenaga medis akibat covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran dan di Bekasi memang menyedihkan. Namun, angka kematian tenaga kesehatan yang ada saat ini jauh lebih sedikit ketimbang sebelum diberikannya vaksin untuk tenaga kesehatan.

“Dari sekitar 92 ribu tenaga kesehatan dan masyarakat yang sudah divaksinasi pada Februari dan Maret, hanya 4% yang masih tertular covid-19. Berarti vaksin yang dipakai di DKI mampu melindungi 96% yang sudah divaksinasi. Maka segera datanglah ke tempat vaksinasi yang sudah disiapkan pemerintah,” ujar Soedjatmiko.

Vaksin untuk Indonesia tayang di Metro TV setiap Jumat pukul 20.05 WIB. Dalam program ini, Slank tidak hanya menyuguhkan musik, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan warga masyarakat dari berbagai latar belakang sosial. (Put/X-8)

Baca Juga

Medcom.id/Ilham Pratama

480 Peserta Raih Beasiswa OSC Medcom.id 2021

👤Ilham Pratama Putra 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 16:00 WIB
pemenang yang mendapatkan beasiswa S1 sebanyak 421 orang. Sedangkan penerima beasiswa S2 sebanyak 53...
MI/Bary Fathahilah

Kasus Konfirmasi Harian Naik, Masyarakat Diingatkan Tetap Disiplin Prokes

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 15:30 WIB
Selain terus menegakkan protokol kesehatan dan menyegerakan vaksinasi, masyarakat diminta menghindari serta mencegah terjadinya...
ANTARA / Aloysius Jarot Nugroho

Penjelasan Anak Umur 1-5 Tahun Belum Dapat Divaksinasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 14:30 WIB
Pemberian vaksin harus didahulukan pada orang dewasa atau remaja karena memiliki daya tahan tubuh yang paling...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya