Selasa 22 Juni 2021, 22:07 WIB

UNJ Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Banjir

Widhoroso | Humaniora
UNJ Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Banjir

DOK UNJ
'Pelatihan Mitigasi Bencana Banjir di Jakarta' yang dilaksanakan UNJ secara daring.

 

MASA pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi dosen-dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya dengan menggelar 'Pelatihan Mitigasi Bencana Banjir di Jakarta' yang dilaksanakan secara daring, pekan lalu.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi salah satu kewajiban dalam Tridharma perguruan tinggi yaitu bidang pengabdian kepada masyarakat. UNJ juga mendorong pemerintah dan masyarakat untuk bersinergi dalam menangani berbagai permasalahan lingkungan, termasuk banjir," ungkap Dr. Cahyadi Setiawan, M.Si. ketua pelaksana kegiatan dalam keterangannya, Selasa (22/6).

Menurut Cahyadi, berdasarkan data kejadian bencana dari BNPB, pada  2020 telah tercatat sebanyak 60 kejadian bencana yang terjadi di berbagai wilayah DKI Jakarta. Darui jumlah tersebut, bencana banjir mendominasi sehingga diperlukan upaya mitigasi untuk mengurangi risiko bencana.

Dalam pelatihan kali ini, tim dosen Pendidikan Geografi UNJ yang menjadi pembicara terdiri dari Cahyadi Setiawan, M.Si, Drs. Warnadi, M.Si., Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd., dan Fauzi Ramadhoan Rachman S.Pd., M.Sc. Nara sumber yang hadir antara lain Ferrari Pinem, S.Si., M.Sc, Koordinator Informasi Geospasial Tematik Bidang Kebencanaan, Badan Informasi Geospasial serta Dr. I Putu Santikayasa, S.Si., M.Sc, Ketua Program Studi Program Pascasarjana Klimatologi Terapan, IPB University.

Pelatihan ini dipusatkan di SMA Negeri 50 Jakarta dan dilakukan melalui platform zoommeeting diikuti siswa siswi kelas X dan XI.

"Pelatihan ini memberikan materi dan informasi seputar sejarah dan prediksi banjir, guna membangun perilaku tanggap dan peduli terhadap bencana. Kami berharap materi yang diterima dapat disebarluaskan kepada masyarakat, mengingat sekolah sebagai agent of change di bidang ilmu pengetahuan, keterampilan, dan karakter," ungkap Cahyadi. (RO/OL-15) 

Baca Juga

MI/Agus Mulyawan

Mahfud MD : Peran Tokoh Agama Penting dalam Percepatan Vaksinasi

👤Mediaindoensia.com 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 02:30 WIB
"Kita perlu dukungan dan perantara alim ulama, pengasuh pondok pesantren, pimpinan agama untuk mendukung peningkatan implementasi...
Dok. Pribadi

Tinjau Sentra Vaksinasi PL, Menkes Apresiasi Peran Serta Masyarakat di Program Vaksin

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 02:15 WIB
Sentra Vaksinasi PL merupakan inisiatif Ikatan Alumni SMA Pangudi Luhur Jakarta bekerjasama dengan RS Gandaria & Komunitas Dokter PL...
Dok. Pribadi

Menkominfo Harapkan STMM Yogyakarta Hasilkan SDM Digital Berkualitas

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 01:30 WIB
Keberadaan SDM bertalenta digital menurut Johnny menjadi bagian penting dalam menjawab kemajuan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya