Selasa 22 Juni 2021, 22:07 WIB

UNJ Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Banjir

Widhoroso | Humaniora
UNJ Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Banjir

DOK UNJ
'Pelatihan Mitigasi Bencana Banjir di Jakarta' yang dilaksanakan UNJ secara daring.

 

MASA pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi dosen-dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya dengan menggelar 'Pelatihan Mitigasi Bencana Banjir di Jakarta' yang dilaksanakan secara daring, pekan lalu.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi salah satu kewajiban dalam Tridharma perguruan tinggi yaitu bidang pengabdian kepada masyarakat. UNJ juga mendorong pemerintah dan masyarakat untuk bersinergi dalam menangani berbagai permasalahan lingkungan, termasuk banjir," ungkap Dr. Cahyadi Setiawan, M.Si. ketua pelaksana kegiatan dalam keterangannya, Selasa (22/6).

Menurut Cahyadi, berdasarkan data kejadian bencana dari BNPB, pada  2020 telah tercatat sebanyak 60 kejadian bencana yang terjadi di berbagai wilayah DKI Jakarta. Darui jumlah tersebut, bencana banjir mendominasi sehingga diperlukan upaya mitigasi untuk mengurangi risiko bencana.

Dalam pelatihan kali ini, tim dosen Pendidikan Geografi UNJ yang menjadi pembicara terdiri dari Cahyadi Setiawan, M.Si, Drs. Warnadi, M.Si., Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd., dan Fauzi Ramadhoan Rachman S.Pd., M.Sc. Nara sumber yang hadir antara lain Ferrari Pinem, S.Si., M.Sc, Koordinator Informasi Geospasial Tematik Bidang Kebencanaan, Badan Informasi Geospasial serta Dr. I Putu Santikayasa, S.Si., M.Sc, Ketua Program Studi Program Pascasarjana Klimatologi Terapan, IPB University.

Pelatihan ini dipusatkan di SMA Negeri 50 Jakarta dan dilakukan melalui platform zoommeeting diikuti siswa siswi kelas X dan XI.

"Pelatihan ini memberikan materi dan informasi seputar sejarah dan prediksi banjir, guna membangun perilaku tanggap dan peduli terhadap bencana. Kami berharap materi yang diterima dapat disebarluaskan kepada masyarakat, mengingat sekolah sebagai agent of change di bidang ilmu pengetahuan, keterampilan, dan karakter," ungkap Cahyadi. (RO/OL-15) 

Baca Juga

Antara/Raisan Al Farisi.

Pemerintah Targetkan Vaksinasi PMK Tahap Awal Tuntas September

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 15:41 WIB
Pemerintah menargetkan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) tahap awal selesai dilakukan pertengahan September...
MI/M Iqbal Al Machmudi

Mee Bu Gateing, Jurus Bireuen Melawan Stunting

👤 M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 15:35 WIB
AGENDA percepatan penurunan stunting membutuhkan kepemimpinan pemimpin daerah dalam menelurkan regulasi yang inovatif agar angka stunting...
MI/ HO

Koalisi Masyarakat Serahkan Petisi Darurat Perubahan Iklim ke KSP

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 13:22 WIB
Novita berharap pemerintah tidak kecolongan lagi seperti saat penanganan pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya