Minggu 20 Juni 2021, 18:42 WIB

Pemerintah Masih Andalkan PPKM untuk Tangani Covid-19

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Pemerintah Masih Andalkan PPKM untuk Tangani Covid-19

Antara
Ilustrasi

 

SEKRETARIS Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Raden Pardede mengatakan pemerintah saat ini masih melakukan pendekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

"Jadi kita belum mengubah pendekatan kita, yang masih kebijakan PPKM skala mikro. Kebijakan tersebut tidak berarti kita tidak bisa melakukan pendekatan sampai ke daerah. Bisa dari kabupaten, kecamatan, hingga RT/RW jadi bisa dilakukan pendekatan PPKM mikro," kata Raden saat dihubungi, Minggu (20/6).

Menurutnya klaster covid pada satu RT/RW dan kecamatan bisa dikoordinasikan antarkecamatan, sehingga bisa menjadi pendekatan di satu kabupaten, tetapi tetap pengetatan PPKM mikro.

KPC PEN juga mengaktifkan posko pencegahan covid. Hal ini menjadi penting karena keterlibatan dari masyarakat. Raden menegaskan bahwa penanganan covid ini tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah.

"Itu sebabnya pendekatan kita adalah partisipasi masyarakat harus lebih aktif. Oleh karena itu pendekatannya tetap PPKM mikro yang dikoordinir hingga tingkat RT/RW dari kabupaten," jelasnya.

"Jadinya kita buat karantina di tingkat kabupaten atau kecamatan. Sekarang ini kalau kita lihat diusahakan masyarakat work from home 75%. Persoalan sekarang membuat ini menjadi efektif, seluruh jam kegiatan restoran dan perkantoran dikurangi,"

Bahkan, lanjut Raden, kegiatan peribadatan dan sekolah diusahakan di rumah atau melalui daring. Yang terpenting bagaimana harus dilakukan secara bersama-sama.

"Pendekatan pencegahan covid ini harus ada koordinasi antar kecamatan. Standar pencegahan covid antar kecamatan juga harus bersamaan, sehingga jika ada daerah zona merah bisa dilakukan pendekatan pengetatan di klaster covid jadi tetap dalam kerangka PPKM mikro," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Dok.BPPT

Menteri KLHK Antisipasi Puncak karhutla dengan Hujan Buatan

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:45 WIB
Upaya TMC di Provinsi Riau, pada fase pertama, 10 Maret sampai 5 April 2021, secara umum meningkatkan curah hujan sekitar 33 hingga 64...
Dok. Kiny Cultura Indonesia

Lestarikan dan Promosikan Budaya Indonesia, Anak Indonesia Raih Sertifikat CID UNESCO

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:40 WIB
Penghargaan diberikan kepada Alif Rajendra Aryaputa Sidik di kategorin Male Yout Folk musician appreciation award dan Kalya Mahiya Pravina...
Dok  ICStar Hackathon 2021

Banyak Diminati, Seleksi ICStar Hackathon 202 Makin Ketat

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 30 Juli 2021, 22:49 WIB
Sebanyak lebih dari 500 kandidat dari 100 universitas di Indonesia dan Malaysia berpartisipasi dalam kompetisi ICStar Hackathon 2021 yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya