Sabtu 05 Juni 2021, 01:22 WIB

Facebook 'Hukum' Donald Trump Selama 2 Tahun

Widhoroso | Humaniora
Facebook

DOK MI
Facebook

 

FACEBOOK, Jumat (4/6) memutuskan melarang mantan Presiden AS Donald Trump beraktivitas di media sosioal itu selama dua tahun. Trump dinilai pantas mendapatkan hukuman karena melanggar aturan platform media sosial tersebut yang berbuntut serangan mematikan para pendukungnya di Gedung Capitol.

Larangan dua tahun akan berlaku mulai 7 Januari, ketika Trump dikeluarkan dari media sosial itu. Hukuman ini diambil setelah dewan pengawas independen Facebook mengatakan larangan tanpa batas harus ditinjau.

"Kami percaya tindakannya merupakan pelanggaran berat terhadap aturan kami yang pantas mendapatkan hukuman tertinggi yang tersedia di bawah protokol penegakan baru,” kata Wakil Presiden Facabook urusan global  Nick Clegg.

Clegg menambahkan pada akhir larangan dua tahun, Facebook akan meminta para ahli untuk menilai apakah aktivitas Trump di jejaring sosial masih mengancam keselamatan publik.

"Jika kami menentukan bahwa masih ada risiko serius terhadap keselamatan publik, kami akan memperpanjang pembatasan untuk jangka waktu tertentu dan terus mengevaluasi kembali hingga risiko itu surut," kata Clegg.

Facebook juga mengatakan tidak akan lagi memberikan kekebalan kepada politisi untuk konten yang menipu atau kasar di jejaring sosial berdasarkan komentar mereka yang layak diberitakan.

Bulan lalu, dewan pengawas independen mengatakan Facebook dinilai mengambil keputusan yang benar dengan menghapus akub Trump menyusul komentarnya mengenai amukan 6 Januari yang mematikan di Gedung Capitol. Tetapi Fcaebook dinilai seharusnya tidak menerapkan hukuman penangguhan tanpa batas dan tanpa standar.

Trump diskors dari Facebook dan Instagram setelah memposting video selama serangan oleh para pendukungnya yang bersemangat menentang kekalahannya dalam pemilihan. Kami mencintaimu, kamu sangat istimewa," ungkap Trump melalui dua media sosial tersebut. (AFP/OL-15)

Baca Juga

Medcom

Yuk Ketahui Apa yang Dimaksud dengan  Marketing Credit Executive

👤Febby Saraswati 🕔Sabtu 27 November 2021, 06:45 WIB
Marketing Executive adalah seorang yang bertanggung jawab dalam nilai suatu produk atau perusahaan pada...
 MIANDRI WIDIYANTO

Vaksinasi Rabies Tekan Risiko Kematian 'Anak Bulu'

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 06:00 WIB
Hewan peliharaan yang terinfeksi rabies dapat menularkan virus itu kepada pemiliknya lewat gigitan yang membuat...
MI/Dok Kristana Parinters Makur

Orangutan Jantan Terekam Makan Kukang di Kalimantan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 04:30 WIB
Orangutan Jantan Terekam Makan Kukang di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya