Senin 17 Mei 2021, 18:29 WIB

Belasan Provinsi Dilaporkan Alami Kenaikan Kasus Covid-19

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Belasan Provinsi Dilaporkan Alami Kenaikan Kasus Covid-19

ANTARA
Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartato

 

KETUA Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan perkembangan kasus covid-19 pascalibur Idulfitri masih terkendali. Meski begitu, dia menyebut ada belasan provinsi mengalami kenaikan kasus aktif yang sebagian terjadi di Pulau Sumatra.

"Kita melihat 15 provinsi yang kasus aktif meningkat yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Maluku, Banten, NTB, Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan," kata Airlangga seusai rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (17/5).

Baca juga: Gojek dan Tokopedia Berkolaborasi Bentuk Group GoTo

Airlangga menyampaikan perkembangan kasus covid-19 secara nasional pascalebaran relatif masih terkendali meski ada peningkatan di belasan provinsi itu. Kasus aktif nasional tercatat 5,2 persen dibandingkan dengan tingkat global 11,09 persen. Kemudian, kasus kesembuhan 92% dan kematian 2,8%.

"Kasus aktif nasional mengalami penurunan sebesar 48,6% dari puncak kasus 5 Februari lalu dan kasus aktif pengurangannya 7.595 kasus dalam satu minggu terakhir sehingga kasus aktif berada di kisaran 90.800 kasus," jelasnya.

Airlangga juga menyampaikan Presiden Joko Widodo menginstruksikan penguatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di berbagai wilayah asal pemudik dan Jakarta pascalibur Lebaran. Pasalnya, sebanyak 1,5 juta pemudik dari Jawa dan Sumatra diperkirakan akan kembali ke Jakarta.

"Pemerintah juga memberlakukan random test untuk beberapa provinsi yang menuju Jakarta di Jawa. Arahan Bapak Presiden untuk memperkuat PPKM mikro baik di tempat mereka berangkat maupun tempat tujuan di Jakarta," ujarnya.

Pemerintah mencatat ada 1,5 juta orang yang mudik keluar dari Jakarta. Rinciannya, pemudik ke Sumatra sekitar 440 ribu orang dan yang ke berbagai daerah di Jawa sebanyak 1,023 juta. Airlangga mengatakan pemerintah akan terus mengawasi potensi kenaikan kasus yang dilihat dalam dua minggu ke depan. (OL-6)

Baca Juga

Ilustrasi

Kemenkominfo Berantas Ribuan Hoaks soal Covid-19 di Media Sosial

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 02 Desember 2021, 20:29 WIB
Dedy mengungkapkan Kementerian Kominfo menemukan sebanyak 1.991 hoaks pada 5.131 unggahan media sosial dengan persebaran terbanyak pada...
dok.ist

BEM Se-Nusantara Gelar Konsolidasi Bahas PEN dengan Dua Menteri

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 20:19 WIB
ALIANSI Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Nusantara akan menggelar pra temu di Sumatera Selatan (Sumsel) pada 7-9 Desember...
MI/ Bary Fathahilah

Penambahan Kasus Covid-19 Terbanyak di Jabar

👤Ant 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:59 WIB
Secara keseluruhan, angka kasus korona di Indonesia bertambah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya