Minggu 09 Mei 2021, 17:46 WIB

Mal Central Park Banjir Pengunjung, Prokes tidak Maksimal

Hilda Julaika | Humaniora
Mal Central Park Banjir Pengunjung, Prokes tidak Maksimal

Antara
Ilustrasi

 

EMPAT hari jelang Hari Raya Idul Fitri sejumlah pusat perbelanjaan menjadi sorotan karena berpotensi menciptakan kerumunan. Lantaran antusiasme warga berbelanja langsung ke pasar hingga mal.

Media Indonesia memantau salah satu Mal di Jakarta Barat, Central Park yang sore ini terlihat di banjiri pengunjung. Dari salah satu pintu masuk mal, para pengunjung memadati jalan utama mal.

Sebagian besar pengunjung datang bersama dengan keluarga. Pengunjung datang berkelompok rata-rata antara 2-6 orang. Salah satu pengunjung mal, Putri, mengatakan ia datang ke mal agar bisa memilih barang secara langsung ketimbang membeli secara online.

"Biar bisa milih-milih barang langsung. Sama sekalian buka bersama (bukber) di sini. Kebutuhan lebaran ada yang beli online, tapi lebih banyak beli langsung," ujarnya saat ditanya Media Indonesia, Minggu (9/5).

Memang tidak semua tenan di mal ramai. Utamanya tenan yang dipadati pengunjung adalah toko pakaian dan kedai kopi.

Baca juga : Pegawai Perusahaan Motor Nekat Mudik Pakai Towing

Media Indonesia memantau ada salah satu tenan pakaian casual yang dipadati pengunjung. Bahkan penerapan protokol kesehatan (prokes) tidak diterapkan dengan baik.

Di pintu masuk tenan, tidak ada satpam yang dengan ketat menjaga dan mengecek suhu tubuh. Di dalam tenan juga tidak ada jaga jarak antar orang atau kelompok orang yang datang.

Namun, Riyan, salah satu satpam di tenan tersebut mengatakan jumlah pengunjung di dalam sudah dibatasi 50%. Adapun terkait penjagaan di depan pintu, ia mengelak hanya berjaga sendiri sehingga sehingga tak bisa memantau di pintu depan.

"Dicek suhu kok. Tapi ini patroli di dalam juga, soalnya kadang ada pengunjung yang justru masuk dari pintu keluar. Ini di dalam sudah 50%," ujarnya.

Namun, selama 15 menit pantauan di dalam banyak pengunjung keluar masuk tanpa dicek suhu. Dalam memilih baju pun tak ada jaga jarak yang diatur.

Selain itu, sejumlah kedai kopi ternama di mal ini pun dipadati pengunjung. Meja-meja kafe tampak terisi oleh pembeli dan dari luar tenan sudah terlihat penuh. Menjelang waktu berbuka, mulai berdatangan pengunjung yang akan melakukan buka bersama. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO

Menkes: RS Hanya Terima Pasien Bergejala

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 21 Juni 2021, 14:10 WIB
Kebijakan tersebut dilakukan demi meringankan tekanan di rumah sakit, terutama di daerah-daerah zona merah yang kapasitasnya sudah hampir...
MI/Vicky Gustiawan

Menkes: Lima Rumah Terpapar Covid-19, Satu RT akan Lockdown

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 21 Juni 2021, 13:56 WIB
Mengingat, ada begitu banyak klaster keluarga, yang kemudian merambat ke lingkungan sekitar. Tes covid-19 massal juga perlu dilakukan...
MI/Adi Kristiadi

Besok, PPKM Mikro Diperketat, Perkantoran Kembali WFH 75%

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 21 Juni 2021, 13:21 WIB
Pemerintah memutuskan untuk melakukan penguatan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro sejak 22 Juni hingga 5...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya