Kamis 29 April 2021, 22:06 WIB

Remaja Butuh Asupan Gizi Lengkap dan Seimbang

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Remaja Butuh Asupan Gizi Lengkap dan Seimbang

DOK Pita Putih Indoneaia
Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto

 

USIA remaja adalah usia pertumbuhan, ketika banyak organ tubuh berkembang pesat dan menentukan kesehatan seseorang ketika dewasa. Karena itu, kebutuhan gizi remaja perlu dipenuhi dengan baik.

Menurut Kementerian Kesehatan, usia yang masuk dalam kelompok remaja adalah anak berusia 10-18 tahun. Sedangkan WHO mendefisinisikan remaja sebagai individu dalam kelompok usia 10-19 tahun, Youth sebagai kelompok usia 15-24 tahun, sedangkan Young People/kaum muda mencakup usia 10-24 tahun.

"Jika seorang anak sudah masuk ke dalam rentang usia tersebut, sudah saatnya memahami kebutuhan gizi lebih lanjut dan memastikan untuk mendapatkan nutrisi secara lengkap," ungkap Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto dalam webinar bertema, 'Mau Jadi Generasi Anti Lowbatt? Charging Your Body: Sebuah Obrolan Remaja tentang me-recharge tubuh, Kamis (29/4). Acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kartini 2021 serta menyambut hari ulang tahun Pita Putih Indonesia ke-22 pada pada 8 Mei 2021.

Menurut Giwo, webinar ini bertujuan memberi sosialisasi tentang pentingnya asupan gizi seimbang dan gaya hidup sehat bagi remaja serta dapat memberi pengetahuan mengenai pentingnya asupan gizi seimbang dan gaya hidup sehat bagi remaja.  Peserta juga diharapkan dapat mengubah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang serta membiasakan hidup sehat.

"Dengan pembelajaran dan sharing pengalaman ini, diharapkan akan mengurangi angka remajayang kekurangan zat besi (anemia), kurang tinggi badan (stunting), kurang energi kronis (kurus), dan kegemukan. Diharapkan setelah mengikuiti webinar ini remaja mampu melakukan edukasi terkait gizi seimbang bagi remaja di lingkungan tempat tinggal mereka," ungkap Giwo. (RO/OL-15)

Baca Juga

Ist/KLHK

KLHK Bentuk Satlakwasdal, Kawal Implementasi UU Cipta Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 11:41 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan penerbitan UU Cipta Kerja ini dalam rangka mendorong perluasan kesempatan...
Antara

Peneliti UGM: Pembiayaan Penyakit Jantung Beban Tertinggi JKN-KIS

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 11:40 WIB
BEBAN biaya katastropik penyakit jantung menjadi biaya tertinggi dalam beban layanan JKN pada periode 2016 - 2019, khususnya di pulau...
DOK

UI Kukuhkan Empat Guru Besar FIB

👤Dwi Tupani 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 11:06 WIB
Rektor UI Prof Ari Kuncoro memimpin langsung acara pengukuhan guru besar yang dilaksanakan secara daring pada Sabtu (19/6) pada pukul 09.00...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya