Sabtu 17 April 2021, 09:35 WIB

Nadiem Targetkan 75 Ribu Guru Ikut Pelatihan PembaTIK

Mediaindonesia.com | Humaniora
Nadiem Targetkan 75 Ribu Guru Ikut Pelatihan PembaTIK

ANTARA FOTO/Maulana Surya
Guru-guru di tengah pandemi dipaksa untuk beradaptasi dengan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengajar anak didik.

 

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menargetkan pada tahun 2021 sebanyak 75.000 guru bisa mengikuti bimbingan teknis Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang disingkat PembaTIK.

"PembaTIK telah menjadi salah satu program unggulan Pusat Data dan Teknologi Kemendikbud, diikuti oleh 70.300 guru di seluruh Indonesia pada 2020. Luar biasa. Tahun ini kami menargetkan 75.000 guru untuk mengikuti program bimbingan teknis," kata Nadiem.

Acara peluncuran kegiatan bimbingan teknis PembaTIK 2021 telah dilaksanakan di Jakarta, Kamis (15/4). Nadiem mengemukakan bahwa pandemi covid-19 telah menunjukkan besarnya peran teknologi dalam memastikan anak bisa mengikuti kegiatan pendidikan pada saat pembelajaran tatap muka tidak mungkin dilakukan.

"Saat ini kita bersiap menjalankan pembelajaran tatap muka terbatas yang mengharuskan sekolah menyediakan layanan pendidikan secara luring maupun daring, dan kami pun menyadari pentingnya literasi digital," katanya.

Ia mengatakan bahwa pemerintah berusaha meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi lewat program PembaTIK.

Bimbingan teknis PembaTIK merupakan bagian dari upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meningkatkan literasi dan kompetensi guru dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), yang diharapkan membantu guru menerapkan model pembelajaran berbasis TIK.

baca juga: Silicon Valley Indonesia Diperluas Hingga Cibadak

PembaTIK diterapkan mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK pada guru dari Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). 

"Ini adalah program bimbingan teknis yang mengacu pada model kompetensi guru rancangan UNESCO, dengan memanfaatkan portal rumah belajar sebagai medianya," kata Nadiem.

Para guru peserta program PembaTIK 2021 akan melalui empat tingkatan pelatihan mulai dari level literasi, level implementasi, level kreasi, hingga level berbagi dan berkolaborasi dalam menghasilkan materi pembelajaran. Guru yang terpilih sebagai peserta terbaik dalam program PembaTIK akan ditunjuk sebagai sahabat rumah belajar dan berhak mengikuti seleksi Duta  Rumah Belajar. (Ant/OL-3)

Baca Juga

MI/ M Yakub

Gus Miftah: Jangan Ikut-ikutan Pendapat Orang yang Sok Ahli

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:39 WIB
Pemeluk agama harus menyatakan ajaran agamanya masing-masing adalah benar. Tapi tak boleh menyalahkan agama orang...
Antara

10 Rekomendasi Kado untuk Pria yang Bisa Menjadi Pilihan

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:35 WIB
SERING kali kita bingung barang apa yang tepat diberikan sebagai kado kepada pria, meski umumnya pria bukan pemilih tetap harus ada pilihan...
Antara

Ini Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri saat Pandemi Covid

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:15 WIB
MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan panduan penyelenggaraan Shalat Idul Fitri di saat Pandemi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya