Senin 12 April 2021, 14:25 WIB

BBKSDA Jawa Timur Terima Translokasi 7 Ekor Lutung Budeng

Atalya Puspa | Humaniora
BBKSDA Jawa Timur Terima Translokasi 7 Ekor Lutung Budeng

Ant/Didik Suhartono
Lutung budeng (Trachypithecus auratus) satwa yang dilindungi karena terancam punah.

 

BALAI Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur, Resort Konservasi Wilayah (RKW) 22 Malang menerima translokasi 7 ekor Lutung budeng (Trachypithecus auratus) dari BBKSDA Jawa Barat.

Polisi Kehutanan Madya Balai Besar KSDA Jatim Hari Purnomo menyatakan, lutung budeng yang diterima terdiri dari 3 ekor berjenis kelamin jantan dan 4 ekor berjenis kelamin betina.

"Satwa-satwa tersebut sebelumnya merupakan satwa hasil penyerahan dan hasil penyitaan yang sudah Inkrah proses hukumnya dari wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta," kata Hari dalam keterangan resmi, Senin (12/4).

Lutung budeng yang ditranslokasikan telah melalui serangkaian proses pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan administrasi dan sudah mendapat persetujuan dari Direktur Jenderal KSDAE.

"Hasil pemeriksaan kesehatan, menunjukkan bahwa semua Lutung budeng dalam kondisi sehat, terbebas dari bahaya penyakit menular, dan sudah dilakukan pemasangan Microchip Transponder pada masing-masing individu," bebernya.

Sebelumnya Lutung Budeng ini ditampung pada Javan Primate Rehabilitation Center (JPRC) atau Pusat Rehabilitasi Primata Jawa dikawasan Patuha Bandung Selatan Jawa Barat. Translokasi ini dilakukan karena berdasarkan hasil pemeriksaan medis dan pemeriksaan fisik menunjukkan bahwa 7 ekor Lutung budeng tersebut merupakan lutung yang berasal dari kawasan hutan di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Proses translokasi dari Jawa Barat ke Jawa Timur menggunakan transportasi darat Kereta Api Malabar, dikawal oleh petugas dari Balai Besar KSDA Jawa Barat bersama petugas JPRC dan dilengkapi dengan Surat Angkutan Tumbuhan Dan Satwa Liar Dalam Negeri (SATS-DN).

Setibanya di Stasiun Kota Malang, satwa langsung dibawa oleh petugas Balai Besar KSDA Jawa Timur untuk dititipkan dan direhabilitasi ke Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa di Coban Talu Batu, yang dikelola oleh The Aspinall Foundation Indonesian Program (TAF-IP).

"Satwa tersebut akan melalui serangkaian proses rehabilitasi terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan kembali ke habitat alaminya," imbuhnya.

Lutung budeng merupakan salah satu jenis Primata endemik yang dimiliki Indonesia dan hanya terdapat di Pulau Jawa. Lutung Budeng sudah dikategorikan sebagai satwa yang dilindungi Negara berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor: 733/Kpts-11/1999 tentang Penetapan Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) sebagai Satwa Dilindungi.

Keputusan tersebut diperkuat dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi. (OL-13)

Baca Juga: Perusahaan ini Digugat karena Sebabkan Kematian Ratusan Burung

Baca Juga

Dok Media Indonesia

Stunting di Morowali Utara Masih Tinggi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 00:03 WIB
Pada 2021 selama kurun waktu dua bulan awal mencapai 15,6...
Ist

Menag: Toleransi Jangan Terbatas pada Simbolik Perayaan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Mei 2021, 23:15 WIB
Menag menyampaikan, sikap moderat dalam beragama atau moderasi beragama diyakini dapat memupuk sikap toleransi dan kerukunan umat...
Instagram.com/attahalilintar/

Atta Halilintar Berduka, Aurel Hermansyah Keguguran

👤Henry Hokianto 🕔Selasa 18 Mei 2021, 23:00 WIB
PASANGAN YouTuber Atta Halilintar dan aktris Aurel Hermansyah tengah bersedih karena Aurel mengalami keguguran. Kandungan tersebut...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berebut Fulus dari JAKARTA

Jawa Barat menjadi primadona pariwisata bagi warga Jakarta. Namun, sejak pembangunan jalan tol dan terhubung dengan tol trans-Jawa
menyebabkan fulus wisatawan Jakarta terbelah.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya