Jumat 05 Maret 2021, 06:10 WIB

LIPI Lakukan Studi Tsunami Purba untuk Petakan Potensi Bencana

Mediaindonesia.com | Humaniora
LIPI Lakukan Studi Tsunami Purba untuk Petakan Potensi Bencana

Medcom.id.
Ilustrasi.

 

LEMBAGA Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan studi paleostsunami atau tsunami purba, selain menggunakan studi geologi umum, untuk mengetahui potensi bencana di suatu wilayah di Indonesia.

"Salah satunya ada di Kulon Progo. Saat ini sudah ada bandara internasional yang baru diresmikan dan sedang berjalan sehingga kami harus melakukan sesuatu untuk melakukan mitigasi yang lebih baik terkait dengan tsunami di selatan Pulau Jawa," ujar Kepala LIPI Laksana Tri Handoko di Jakarta, Kamis (4/3).

Hal tersebut dimaksudkan untuk mempercepat pemetaan potensi bencana tsunami maupun potensi tsunami raksasa yang ditemukan oleh LIPI, seperti di wilayah selatan Pulau Jawa. Tri mengatakan selama ini masyarakat berasumsi jeda waktu terjadinya tsunami rata-rata 15 menit setelah gempa terjadi atau memang karena terjadi gempa besar.

"Makna itu diasumsikan sama seperti di Jawa dan Sumatra. Padahal ternyata tidak terjadi seperti itu," kata dia. Malah, para peneliti Indonesia menemukan banyak kejadian tsunami berjarak kurang dari 10 menit seperti di Aceh, Kepulauan Mentawai, Selat Sunda, dan Palu, dan menemukan tsunami terjadi dalam waktu singkat.

Menurutnya, saat ini yang dibutuhkan untuk meminimalkan jumlah korban yaitu sistem berbasis ponsel atau teknologi lain untuk menjangkau masyarakat di wilayah bencana dengan cepat dan memperhatikan tata ruang wilayah, khususnya warga di daerah pesisir. (Ant/OL-14)

Baca Juga

Ist

Ramadan Makin Cakep Bersama RTV

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 13:19 WIB
Mengambil tema Ramadan Makin Cakep tayangan program terbarunya membuat puasa lebih bersemangat dengan kajian Islam memperkuat...
MI/ANDRI WIDIYANTO

KSP Pastikan Transisi Pengelolaan TMII Berjalan Transparan

👤Nur Azizah 🕔Selasa 13 April 2021, 12:39 WIB
Sesuai Peraturan Presiden Nomor 19 tahun 2021 tentang Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah, pemerintah menyiapkan tiga bulan untuk...
ANTARA/Fauzan

Cakupan Vaksinasi Covid-19 Usia di Atas 60 Tahun Masih Rendah

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 13 April 2021, 12:33 WIB
Cakupan vaksinasi lansia masih rendah yakni sekitar 2 juta jiwa, lebih rendah jika dibandingkan cakupan vaksinasi petugas publik yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya