Minggu 14 Februari 2021, 13:05 WIB

Ini 3 Gejala Kanker Prostat, Penyakit yang Diidap Kak Seto

Zubaedah Hanum | Humaniora
Ini 3 Gejala Kanker Prostat, Penyakit yang Diidap Kak Seto

Instagram
Kak Seto bersiap melakukan biopsi di rumah sakit.

 

PSIKOLOG anak Seto Mulyadi, 69, didiagnosis mengidap penyakit kanker prostat. Hal ini disampaikan langsung oleh pria yang lebih dikenal dengan Kak Seto ini melalui akun media sosial Instagram @kaksetosahabatanak.

“Beberapa minggu belakangan ini kondisi kesehatan saya memang menurun. Dan setelah melakukan beberapa kali pemeriksaan ternyata saya didiagnosa mengidap kanker prostat,” tulis Kak Seto, Sabtu, 13 Februari 2021.

Saat itu, ia berada di rumah sakit untuk menjalani perawatan dan sekaligus persiapan guna dilakukannya operasi biopsi prostat. Dari hasilnya nanti akan diketahui apakah sel kanker yang ada termasuk jinak atau ganas.

Kak Seto mengakui, vonis dokter padanya sungguh sangat mengejutkan untuk dirinya dan juga keluarga. Namun apapun yang terjadi, Kak Seto akan berusaha menghadapinya dengan penuh rasa syukur, ikhlas dan tabah.

"Mohon doa sahabat-sahabat semua ya, semoga hasilnya yang terbaik sehingga saya dapat terus melanjutkan pengabdian terbaik saya bagi anak-anak di seluruh Tanah Air. Aamiin," tulisnya.

Kelenjar prostat merupakan bagian dari sistem reproduksi yang berfungsi menghasilkan air mani dan sperma. Pria yang berumur 70 tahun berisiko mengalami pembesaran prostat. Mendeteksi gejalanya dan melakukan pengobatan secepatnya dapat membantu penyembuhan.

Berikut ini sejumlah gejala kanker prostat dikutip dari Men's Health.

1. Perubahan urine
Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih dan uretra. Saat Anda buang air kecil, kandung kemih mendorong isinya ke dalam prostat dan kemudian masuk ke uretra. Seiring bertambahnya usia, prostat akan tumbuh, dan cenderung menyebabkan perubahan buang air kecil.
Tapi tumor yang tumbuh di prostat Anda bisa menyebabkan masalah kencing serupa.Masalah kencing ini meliputi aliran urine yang lambat, frekuensi yang meningkat, urgensi yang lebih, dan sensasi pengosongan kandung kemih yang tidak lengkap, kata Dr Wysock.

2. Darah pada sperma atau urine
Terdapat darah saat Anda kencing atau ejakulasi adalah hal yang tidak normal dan harus diperiksa kapan pun terjadi. Ini mungkin merupakan gejala kanker prostat, atau berasal dari penyebab lain seperti infeksi atau pembengkakan.

3. Nyeri punggung bawah dan rasa kaku
Jika kanker prostat telah menyebar hingga luar kelenjar, ia cenderung memengaruhi jaringan dan tulang di dekatnya, termasuk punggung bawah dan tulang belakang. Hal ini dapat menekan saraf tulang belakang, menyebabkan rasa sakit atau mati rasa, dan rasa sesak di otot, tergantung di mana letak sel kanker telah menyebar. (Medcom.id/H-2)

Baca Juga

Ist

Wonderfest 2021 Jadi Festival Daring Anak dan Keluarga Terbesar di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 14:36 WIB
Sukses digelar pertama kali pada 2019 dalam bentuk offline yang diramaikan lebih dari 32.000 pengunjung, Wonderfest tahun ini mengusung...
Ist/Swiss-Bell Hotel

Cita Rasa Menggoyahkan Lidah dari Swiss-Cafe, Swiss-Belhotel Serpong

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 14:05 WIB
Swiss-Belhotel Serpong akan terus mengembangkan cita rasa Lokal melalui sajian kuliner di...
ANTARA/Novrian Arbi

Inmendagri: Zona Merah Wajib WFH 75%, Restoran Take Away Bisa 24 Jam

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Selasa 22 Juni 2021, 12:54 WIB
Pelaksanaan WFO dan WFH wajib menegakkan protokol kesehatan ketat. Pengaturan waktu kerja dikondisikan secara...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya