Senin 08 Februari 2021, 15:45 WIB

Menkominfo Minta Pers Tetap Jalankan Fungsi Mencerdaskan Bangsa

Faustinus Nua | Humaniora
Menkominfo Minta Pers Tetap Jalankan Fungsi Mencerdaskan Bangsa

ANTARA FOTO/Fauzan
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate

 

DALAM Era disrupsi akibat kemajuan teknologi dan digitalisasi yang sangat pesat turut berdampak pada dunia pers. Hal itu menyebabkan maraknya penyebaran berita hoaks, disinformasi dan fake news di tengah masyarakat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Plate meminta insan pers untuk untuk tetap mengedepankan fusngsi utamanya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pers harus tetap berpegang peda pemberitaan yang aktual, faktual dan akuntabel.

"Tantangan teknologi dan digitalisasi justru harus dilihat sebagai peluang pemfasilitasi pelaksanan tugas mulia insan pers dalam menyebarkan informasi guna mencerdaskan kehidupan bangsa," ungkapnya dalam Konvensi Nasional Media Massa HPN 2021, Senin (8/2).

Menurutnya, hal itu menjadi tag line pers yang terus digaungkan sebagai pilar demokrasi. Terlepas dari berbagai situasi seperti disrupsi hingga pada Covid-19, pers harus tetap menjalankan tugas utamanya.

Kondisi yang terus berubah harus direspons dengan semangat untuk bergerak maju melalui peningkatkan kemampuan insan pers nasional. Apalagi bagi para pelakja media siber yang dengan cepat menjangkau masyarakat.

Baca juga: Dewan Pers Bahas Hak Cipta Jurnalistik di Google dan Facebook

Kerja sama antara industri pers dan stakeholders dalam menciptakan tata kelola media yang agile sangat diperlukan. Hal itu dapat dilakukan melalui upaya diversifikasi produk-produk media intensifikasi kualitas produk-produk media, jurnalisme serta ekstensifikasi aktor-aktor dalam industri pers.

"Hal tersebut harus terus kita upayakan agar industri pers dapat selalu meningkatkan kualitasnya dan profesionalismenya," imbuhnya.

Pemerintah melalui Kominfo pun akan selalu mendukung pers nasional. Pihaknya berkomitmen menciptakan dan menjaga ruang digutal agar tetap aman dan produktif. Dalam pelaksanaannya Kominfo menggencarkan literasi digitalisasi masyarakat secara masif dan berkelanjutan, termasuk kesadaran masyarakat dalam isu kekayaan intelektual.

"Literasi digital masyarakat merupakan aspek yang penting dalam pematangan ruang digital yang positif dan produktif. Dengan literasi digital yang mumpuni tentu diharapkan setiap orang akan memiliki kecakapan yang cukup untuk menafigasikan diri di tengah era disrupsi informasi maupin dalam membuat, mengelola dan menghormati konten-konten digital," ucapnya.

Lebih lanjut, Johnny membeberkan bahwa sepanjang tahun 2020 Kominfo telah melakukan take down terhadap 2.859 konten yang melanggar kekayaan intelektual. Bahkan di tahun 2021, atau baru sbulan lebih Kominfo juga secara konsisten memutus akses terhadap 360 konten yang melanggar keakyaan intelektual termasuk diantaranya melanggar hal cipta.

"Kominfo jadi lebih banyak dikenal sebagai kementerian blokir, take down konten. Nah ini pentingnya media bersama-sama Kominfo untuk melakukan literasi digital di tingkat yang sangat basic," terangnya.

Dukungan Kominfo juga terkait penegakan hukum terhadap konten-konten negatif. Pihaknya bekerja sama dengan Bareskrim Polri untuk menindak para pelanggar.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Teguh Prihatna

PAPDI Imbau Masyarakat Jangan Ragu untuk Vaksin Booster

👤 Atalya Puspa 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 10:27 WIB
Prof.Samsuridjal  mengungkapkan, masyarakat tidak perlu ragu dan takut dalam menjalani vaksinasi booster sesuai dengan...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

PAPDI Minta Warga tidak Ragu dan Takut Dapatkan Dosis Booster Vaksin Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 07:00 WIB
PAPDI juga meminta semua bidang dan sektor yang terlibat dalam program vaksinasi covid-19 juga turut memantau efektifitas dan keamanan...
Ist

Buat Film Dokumenter Inspiratif Butuh Riset Serius dan Panjang

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:05 WIB
Dr. IGP Wiranegara, M.Sn mengatakan jika merekam kehidupan manusia atau tokoh, upayakan kita tahu betul kiprah sang tokoh, sehingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya