Selasa 26 Januari 2021, 21:35 WIB

Penerima Vaksinasi yang Positif Dipastikan bukan dari Virus Vaksin

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Penerima Vaksinasi yang Positif Dipastikan bukan dari Virus Vaksin

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 Sinovac

 

AHLI Patologi Klinis yang juga merupakan Juru Bicara Satgas Covid-19 RS Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dr.Tonang Dwi Ardyanto memastikan penerima vaksinasi covid-19 yang terpapar penyakit menular itu bukan dari vaksin yang diterima tersebut.

"Jadi penerima vaksin yang misalkan beberapa hari dia positif covid-19, tentu itu bukan dari vaksin tersebut. Karena virus dalam vaksin itu sudah mati," ungkap Tonang dalam webinar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPCPEN), Selasa (26/1).

Tonang beranggapan, penerima vaksin yang terjangkit covid-19 itu dikatakan sudah terpapar virus tersebut menjelang penerimaan suntikan. Dia mengatakan, gejala covid-19 baru muncul pada hari kelima.

Baca juga: Afrika Desak Negara Kaya Jangan Timbun Vaksin

"Pada saat masuk virusnya, lalu antibodi belum tinggi usai divaksin beberapa hari, maka hal itu dapat menimbulkan gejala covid-19. Proteksi antobodi vaksin belum kuat sebelum 12 hari pertama," jelas Tonang.

Dia menjelaskan, antibodi akan meningkat pada 12 hari pertama disuntikan vaksin Sinovac. Lalu pada hari ke-14 antibodi seseorang akan kuat dengan penyuntikan kedua vaksin tersebut.

Namun, lanjut Tonang, setelah antibodi seseorang akan kembali menyusut. Dia mengatakan, sampai saat ini penelitian masih berlanjut soal penguatan antibodi vaksin diperlukan suntikan ketiga atau tidak.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Sleman Sri Purnomo positif covis-19 usai beberapa hari disuntik vaksin Sinovac. Ia diketahui disuntik vaksin pada 14 Januari, lalu selang beberapa tepatnya pada 20 Januari, Sri dinyatakan terjangkit penyakit menular itu. (OL-4)

Baca Juga

MI/Akhmad Safuan.

Mengenal Tokoh Tiga Serangkai, Peranannya dalam Indische Partij

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 17:41 WIB
Tiga Serangkai merupakan julukan perkumpulan atau kelompok yang beranggotakan tiga pendiri dan pemimpin organisasi Indische...
Dok. GODIVA

Rayakan Keberagaman Indonesia di Momen Kemerdekaan, GODIVA Rilis 4 Varian Cokelat Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 17:22 WIB
Keempatnya dikategorikan sebagai Signatutre Chocolate Tablet yang merupakan produk self-treat item dan cocok untuk dikonsumsi...
Antara/Irwansyah Putra.

Kerajaan yang Bercorak Islam di Indonesia

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 17:20 WIB
Mengutip dari Modul Pembelajaran SMA Sejarah Indonesia, berikut beberapa kerajaan Islam tertua yang pernah ada di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya