Senin 25 Januari 2021, 08:19 WIB

Penumpang Bus Bakal Diperiksa dengan GeNose C19

Candra Yuri Nuralam | Humaniora
Penumpang Bus Bakal Diperiksa dengan GeNose C19

ANTARA/Fauzan
Petugas keamanan Terminal Kampung Rambutan menghembuskan nafasnya pada alat GeNose C19 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (24/1).

 

PEMERINTAH berencana menggunakan Gadjah Mada Electric Nose Covid-19 (GeNose C19) untuk pengecekan covid-19 pada penumpang bus. Namun, tidak semua penumpang diperiksa dengan alat itu.

"Bagi penumpang bus akan dilakukan secara random menggunakan GeNose mulai 5 Februari 2021, yang akan dimulai di Pulau Jawa terlebih dahulu," tulis Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam akun Instagram @budikaryas, Minggu (24/1).

Budi mengatakan pengecekan covid-19 menggunakan GeNose C19 untuk penumpang bus tidak wajib. Masyarakat bebas memilih metode pemeriksaan covid-19.

Baca juga: Reaksi KIPI Vaksinasi Covid-19 Tahap 1 masih dalam Kajian

Tidak semua terminal bus akan disediakan alat GeNose C19. Hanya beberapa terminal di Pulau Jawa yang akan disediakan alat buatan anak bangsa itu.

"Saya telah meminta Ditjen Perhubungan Darat untuk berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan di seluruh Indonesia, untuk pelaksanaannya," ujar Budi.

Pemerintah sudah mengakui keakuratan GeNose C19 dalam memeriksa virus korona. Jika hasil positif maka penumpang bus diharamkan berangkat.

"Jika saat random check penumpang dinyatakan positif, yang bersangkutan tidak diizinkan berangkat," tutur Budi. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Sebanyak 60 Rumah Rusak Ringan Pascagempabumi M 5,2 Halmahera

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 09:30 WIB
Gempabumi yang berpusat pada Lintang 0.54 LS dan Bujur 127.51 BT serta kedalaman 10 kilometer tersebut juga merusak beberapa bagian gedung...
Ist

Indonesian Dangdut Coffee House Diresmikan di New York

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 09:00 WIB
Konjen Arifi optimistis dangdut akan berhasil mendapatkan pengakuan resmi dari badan PBB UNESCO sebagai salah satu warisan budaya...
Dok. Ciputra Artpreneur

Ciputra Artpreneur Gelar Pameran Hidup Berdampingan dengan Musuh

👤Humaniora 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 09:00 WIB
Ciputra Artpreneur menggelar pameran virtual karya 100 seniman bertema Hidup Berdampingan dengan Musuh pada 25 Februari-1 Juni...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya