Senin 18 Januari 2021, 12:00 WIB

Banjir dan Gempa, Menag Instruksikan Jajaran Tanggap Darurat

Humaniora | Humaniora
Banjir dan Gempa, Menag Instruksikan Jajaran Tanggap Darurat

ANTARA/ARNAS PADDA
Pengendara motor menerobos banjir di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (17/1)

 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan keprihatinan dengan bencana banjir dan gempa yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia dalam satu minggu terakhir. Ia pun meminta jajarannya untuk segera melakukan tanggap darurat serta doa bersama lintas agama guna meringankan beban masyarakat terdampak.

“Segera bentuk tim tanggap darurat, inventarisasi juga satuan kerja Kemenag yang terdampak di daerah untuk segera kita dapat membantu. Inventaris juga pihak-pihak yang mungkin dapat diajak kolaborasi untuk dapat segera memberikan serta menyampaikan bantuan tepat kepada sasarannya,” tegas Menag saat memimpin rapat pimpinan di Kantor Kementerian Agama, Senin (18/01) seperti dilansir dari laman Kemenag.

Baca juga: Menkes Tinjau Fasilitas Kesehatan di Sulbar

Menag juga menyampaikan pentingnya mengajak masyarakat untuk berdoa bersama guna menghadapi berbagai persoalan yang saat ini dihadapi bangsa. 

“Kita juga perlu membuat doa bersama untuk mengetuk pintu langit, mohon kepada Yang Maha Kuasa agar peristiwa (banjir dan gempa) ini tidak berkelanjutan. Mari bersama dengan tokoh lintas agama kita melangitkan doa,” imbuhnya.

Menanggapi instruksi Menag, Sekjen Nizar Ali menyampaikan  saat ini SK Tim Tanggap Darurat telah disusun, dan rekening Kemenag Peduli juga akan dirilis hari ini. "Kita akan segera mengerahkan seluruh satuan kerja untuk dapat mengumpulkan dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat berdampak," ujar Nizar. (H-3)

Baca Juga

MI/John Lewar

NTT Dorong Pariwisata Sebagai Motor Pembangunan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 10:00 WIB
Pemerintah daerah NTT terus menonjolkan ragam kebudayan adat dan wisata alam untuk meningkatkan pariwisata...
Dok. McDonald’s Indonesia

Tingkatkan Literasi, McDonald’s Indonesia Berikan Beasiswa Pelatihan untuk 1.200 Guru SD

👤Indrastuti 🕔Minggu 26 Juni 2022, 09:15 WIB
Pelatihan akan diselenggarakan pada 27 Juni-1 Juli 2022 secara online, dengan dua tema yaitu kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen...
ANTARA/AMPELSA

Pendidikan dalam Keluarga Faktor Utama Pencegahan Anak pada Narkotika

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:50 WIB
Fungsi pendidikan dalam keluarga tidak bisa berjalan dengan baik jika komunikasi antara anak dan orang tua macet atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya