Selasa 22 Desember 2020, 23:54 WIB

IDI Tidak Permasalahkan Menkes Baru Bukan Dokter

Insi Nantika Jelita | Humaniora
IDI Tidak Permasalahkan Menkes Baru Bukan Dokter

Dok. Biro Pers Kepresidenan/Muchlis
pengenalan 6 menteri baru di Kabinet Indonesia Maju

 

KETUA Satgas Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengaku tidak mempermasalahkan latar belakang penunjukkan menteri kesehatan (menkes) baru yang bukan kalangan dari dokter.

Seperti diketahui, Budi Gunadi Sadikin ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi menkes baru. Budi sendiri berlatar belakang bankir.

"Mau latar belakangnya itu fisika nuklir, kesehatan masyarakat, dokter, epidemiolog atau apa, asal kemampuan manajerialnya bagus dan tahu persis persoalan di lapangan, ya tidak masalah. Apakah saya kecewa menkes saat ini bukan dari kalangan dokter? Saya sama sekali tidak kecewa," kata Zubairi dalam akun media sosialnya @ProfesorZubairi, Selasa (22/12).

Dia mengungkapkan, beberapa menteri kesehatan di negara lain, seperti Singapura dan Thailand, bukan berlatar belakang dokter.

Zubairi menunggu terobosan baru dari menkes baru tersebut yang menggantikan Terawan Agus Putranto.

Baca juga : Ini Sosok Menkes Pengganti Terawan, Budi Gunadi Sadikin

"Saya tunggu gebrakan menkes baru ini. Kalau perlu, ganti kebijakan menteri sebelumnya, atas dasar data-data lapangan yang sahih," ungkap Zubairi.

Zubairi berharap menkes baru pilihan Presiden Joko Widodo dapat menangangi kasus covid-19 secara optimal. Selain itu penanganan penyakit lain seperti lupus, HIV/AIDS, dan masalah kesehatan lain.

"Harapan saya besar sekali terhadap Menkes baru ini. Tantangan untuknya lumayan berat karena masalah kesehatan di Indonesia banyak banget, wabil khusus Covid-19. Semoga dia punya visi misi yang baik dan program yang jelas. Selamat bekerja Pak Menteri," pungkas Zubairi.

Diketahui, sebelum menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN, Budi pernah menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN (2016-2017). Selain itu, pria kelahiran 5 Mei 1964 ini pernah menjabat sebagai petinggi sejumlah bank di Indonesia, seperti Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (2013-2016), serta menjadi Executive VP Consumer Banking PT Bank Danamon Tbk (2004-2006). (OL-7)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya