Selasa 22 Desember 2020, 16:55 WIB

Ini Sosok Menkes Pengganti Terawan, Budi Gunadi Sadikin

Atalya Puspa | Humaniora
Ini Sosok Menkes Pengganti Terawan, Budi Gunadi Sadikin

dok.mi
Budi Gunadi Sadikin

 

WAKIL Menteri Badan Usaha Milik Negara Budi Gunadi Sadikin digadang-gadang akan menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan dalam waktu dekat. Sosok Budi Gunaidi Sadikin notabene bukan berasal dari dunia kesehatan. Ia justru banyak berkiprah di dunia ekonomi.

Sebelum menjabat sebagai Wamen BUMN, Budi pernah menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN (2016-2017). Selain itu, pria kelahiran 5 Mei 1964 ini pernah menjabat sebagai petinggi sejumlah bank swasta di Indonesia, seperti Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (2013-2016), Director of Micro Banking and Retail Banking PT Bank Mandiri TBK (2006-2013), serta menjadi Executive VP Consumer Banking PT Bank Danamon Tbk (2004-2006).

Meskipun demikian, pria lulusan Institut Teknologi Bandung jurusan Fisika Nuklir ini berpandangan bahwa masalah kesehatan menjadi ujung tombak program pemulihan ekonomi Indonesia. Ia menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa masalah kesehatan harus segera dibereskan. Menurutnya, apabila masalah tersebut tidak dapat ditangani dengan baik akan mengganggu sektor lain.

“Saya menyampaikan ke Bapak Presiden, saya sebagai orang ekonomi tugasnya hanya di belakang. Selama masalah kesehatannya belum selesai ya kita mengganjal,” ungkap Budi dalam acara Musrenbang Perubahan RPJMD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017-2022 secara virtual, Selasa (22/12).

Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu menegaskan isu kesehatan khususnya dalam penanganan covid-19 harus diutamakan. Hal itu dapat memulihkan perekonomian nasional yang terpuruk akibat pandemi.

“Jadi isu kesehatan harus di depan. Selama rasa takut itu masih ada di seluruh pihak, tidak mungkin ekonomi itu bisa pulih kembali. Harusnya di depan policy response dari sisi kesehatan," jelas Budi. (OL-13)

Baca Juga: Presiden Rombak Kabinet, Jatah Parpol Tidak Berubah

Baca Juga

Antara

Sepekan Jelang Closing Date, 76.421 Jemaah Haji Sudah Diberangkatkan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:02 WIB
Pada Selasa (28/6) ini, sebanyak 2.923 jemaah haji Indonesia kembali diberangkatkan. Mereka terbagi dalam tujuh kelompok terbang dan...
Dok. Pribadi

Cerita di Balik Citarasa Bakpao Aneka Rasa Djohnpao

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:00 WIB
“Saat ini, kita telah membuat hampir 100 varian rasa bakpao yang unik. Namun di beberapa store, ada sekitar 50-60 varian rasa....
DOK Pribadi.

Pemda Perlu Wujudkan Kebersihan Kota demi Kesejahteraan Umum 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:47 WIB
Diskusi ini sekaligus akan menganalisa persiapan pemerintah daerah dalam penilaian kota bersih yang akan segera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya