Jumat 04 Desember 2020, 22:05 WIB

Masih Banyak yang tak Percaya Covid-19, Prof Wiku: Ini Tantangan

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Masih Banyak yang tak Percaya Covid-19, Prof Wiku: Ini Tantangan

Antara
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

 

MASIH banyak masyarakat yang percaya tidak akan terpapar Covid-19. Menurut Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, itu menjadi tantangan bagi pemerintah dan satgas untuk bisa bergerak bersama dalam mengedukasi masyarakat di Tanah Air.

"Saya nggak ingin mengatakan excuse (pengecualian). Tapi, Indonesia itu negara besar nomor 4 di dunia. Jadi masyarakat yang jumlahnya banyak, budayanya sangat beragam, bahasa satu bahasa Indonesia meskipun banyak bahasa daerah," kata Prof Wiku dalam diskusi bertajuk "Pandemi Belum Berakhir: Patuhi Protokol Kesehatan!” di Media Center Graha BNPB, Jakarta, Jumat (4/12).

Oleh karena itu, dia tak memungkiri kemampuan untuk bisa menyentuh seluruh masyarakat dengan budaya yang berbeda, cara berpikir yang berbeda itu membuat pemerintah dan satgas ditantang untuk bisa bergerak bersama.

"Ternyata komunikasi yang sudah kita lakukan ternyata belum efektif untuk membuat sebagian orang untuk yakin, berarti cara komunikasinya juga harus disesuaikan dan ini berjalan dengan waktu juga," terangnya.

Masyarakat yang belum percaya itu, sahut Wiku, bukan hanya di perdesaan, tapi juga banyak ditemukan di kota-kota besar, seperti Ibukota Jakarta. "Di Jakarta di kota besar pun juga masih saja yang tidak percaya tidak percaya," ujarnya. (H-2)

 

Baca Juga

Dok MI

Metode Karantina Daring untuk Peserta CPNS

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:04 WIB
Bimbingan belajar yang telah berdiri sejak 2018 itu telah memiliki 4.000 lebih peserta dan meluluskan 1.340 peserta PNS selama tiga tahun...
Antara

Indonesia Alami 197 Bencana Selama 23 Hari di 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:00 WIB
BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  mencatat sebanyak 197 bencana terjadi di seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 1...
MI/Duta

Ditemukan Fosil Dinosaurus Berusia 98 Juta Tahun

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 24 Januari 2021, 01:05 WIB
FOSIL dinosaurus berusia 98 juta tahun ditemukan di Argentina. Para ilmuwan percaya bahwa fosil raksasa itu mungkin milik dinosaurus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya