Kamis 05 November 2020, 14:20 WIB

Universitas Indonesia dan UGM Tembus Daftar Best Global University

Atalya Puspa | Humaniora
Universitas Indonesia dan UGM Tembus Daftar Best Global University

Instagram
Kampus UI di Depok.

 

UNIVERSITAS Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam deretan kampus terbaik dalam daftar Best Global University Ranking versi US News & World Report, sebuah perusahaan media yang berpusat di Washington DC, Amerika Serikat.

"Untuk pertama kalinya, perguruan tinggi asal Indonesia berhasil masuk ke dalam. Pada daftar peringkat tersebut, UI berhasil menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia, atau berada di peringkat ke-831 di dunia, dan peringkat ke-192 di Asia," cuit akun @universitas_indonesia dalam laman resminya, Kamis (5/11).

Sedangkan, UGM berada di nomor 1.304 Best Global Universities dan peringkat 378 Best Global Universities di Asia. Pemeringkatan edisi ketujuh yang dirilis pada 20 Oktober 2020 ini dilakukan terhadap 1.500 perguruan tinggi terbaik di dunia, yang tersebar di 86 negara.

US News & World Report menentukan pemeringkatan tersebut melalui 13 indikator, yaitu reputasi riset tingkat global, reputasi riset tingkat regional, publikasi ilmiah, buku, konferensi, dampak sitasi, total sitasi, jumlah dan persentase publikasi yang termasuk ke dalam 10% paling banyak dikutip, kolaborasi internasional, serta jumlah dan persentase makalah yang termasuk dalam 1% teratas yang paling banyak dikutip pada bidangnya masing-masing.

Dari keseluruhan parameter tersebut, UI paling unggul pada indikator Konferensi, Kolaborasi Internasional, dan Reputasi Riset Regional.

Salah satu fakultas di UI, yaitu Fakultas Kedokteran (FKUI) juga berhasil masuk ke dalam deretan Best Global Universities for Clinical Medicine, dengan perolehan peringkat ke-390 dunia. Untuk kategori ini, hanya UI yang mampu mewakili Indonesia.

Rektor UI Ari Kuncoro menuturkan, pihaknya bangga dapat secara konsisten masuk dan direkognisi oleh berbagai lembaga pemeringkatan bergengsi dunia.

"Capaian ini bukan hanya milik UI semata, melainkan juga prestasi bagi pendidikan tinggi nasional. Dengan masuknya nama UI ke dalam daftar peringkat, maka akan membuka peluang luas untuk dikenal dan dilihat pada panggung pendidikan global," kata Ari dalam keterangan resmi, Kamis (5/11).

Ari juga menyampaikan bahwa UI tengah melebarkan sayapnya untuk menjalin kolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi dunia, serta dengan pemerintah maupun industri.

“Di tengah disrupsi akibat pandemi covid-19, maka kolaborasi dan kerja sama menjadi kunci. Peringkat bukanlah tujuan utama, melainkan menyadari dan memenuhi indikator yang dalam pemeringkatan tersebut yang menjadi pemicu sivitas akademika UI untuk berlari,” ujarnya.

Untuk diketahui, tiga peringkat teratas universitas terbaik di dunia menurut US News adalah Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, dan Stanford University. Di Asia, tiga peringkat teratas adalah Tsinghua University, China, National University of Singapore dan Nanyang Technological University. (H-2)

 

Baca Juga

Ist

Arsitek Muda Didorong Ciptakan Desain Masjid Dengan Teknologi Terbaru

👤Widhoroso 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 00:27 WIB
KEUNIKAN arsitektur masjid di Indonesia tidak telepas dari filosofi yang melatarbelakangi bangunan yang mewadahi kegiatan umat beribadah...
Antara/Rony Muhamrman

Patuh Protokol Kesehatan Jadi Kunci Tekan Laju Penularan Covid-19

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 18 Juni 2021, 23:16 WIB
Demi menekan laju peningkatan Covid-19, pemerintah juga kembali meningkatkan operasi yustisi untuk mengawasi penegakan protokol...
Dok. Metro TV

Lonjakan Covid-19 Diprediksi Hingga Juli, Masyarakat Jangan Lengah Prokes

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 18 Juni 2021, 22:58 WIB
"Pascaliburan Idul Fitri banyak orang yang masih nyolong-nyolong mudik. Kalau banyak orang bergerak, banyak mobilitas, tetap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya