Rabu 26 Agustus 2020, 15:05 WIB

Indonesia Kekurangan 300 Ribu Dai/Khatib

Lina Herlina | Humaniora
Indonesia Kekurangan 300 Ribu Dai/Khatib

MI/Lina Herlina
Waketum Dewan Masjid Indonesia Syafruddin, meresmikan Rumah Hafiz Quran di Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa, Sulsel, (26/8)

 

BANYAKNYA banyak pondok pesantren di Indonesia seharusnya bisa melahirkan dai-dai baru. Nyatanya, negara ini masih butuh sekitar 300 ribu dai/khatib dari 30 ribu yang sudah ada saat ini.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin, Rabu (26/8), saat meresmikan Rumah Hafiz Quran di Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Menurutnya, Indonesia yang penduduknya mayotitas muslim, bisa menebarkan kebaikan lewat dai-dai yang lahir dari pesantren yang ada. Mereka bisa disebar ke seluruh wilayah nusantara.

"Kita berharap, semua pondok pesantren yang ada, mampu mencetak dai, sehingga bisa menutupi kebutuhan khatib yang banyak untuk seluruh pelosok tanah air," tukas mantan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi itu.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Tafiz Quran Wa Dakwah Gowa, yang juga Kepala Kepolisian Daerah Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe mengatakan harapannya agar apa yang dibangun itu, bisa menciptakan generasi yang berakhlak baik.

"Dan tentu saja, jebolan pesantren itu bisa jadi penghapal quran dengan baik, dan bisa melahirkan dai-dai untuk masjid-masjid yang ada," ungkap Guntur Laupe.

Yayasan Pondok Pesantren Tafiz Quran Wa Dakwah Gowa ini sendiri lahir, bagi anak-anak tidak mampu atau kaum duafa dan anak yatim piatu. "Harapannya mereka bisa memanfaatkan rumah hafiz ini untuk menjadi penghapal al quran dan dai," ujar Guntul Laupe. (OL-13)

Baca Juga

Antara/Hafidz Mubarak A

Eks Jubir Pemerintah Untuk Covid-19, Achmad Yurianto Meninggal Dunia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:57 WIB
Wiwid menyebut Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan itu meninggal dunia di RSUD Syaiful Anwar,...
Dok. Pribadi

Gelorakan Kesetaraan Dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Lewat Pertunjukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:30 WIB
Harkitnas bisa dimaknai dengan lebih jauh lagi. Termasuk dalam kesetaraan gender antara pria dan...
Antara/Zabur Karuru.

Lumba-Lumba Cicipi Air Seni Teman untuk Ketahui Kehadiran Mereka

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:30 WIB
Untuk lumba-lumba hidung botol, rasa urine dan bunyi suara yang memungkinkan mereka mengenali teman-teman mereka dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya