Rabu 22 Juli 2020, 19:31 WIB

Orangtua Jadi Sahabat Anak Selama Belajar di Rumah

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Orangtua Jadi Sahabat Anak Selama Belajar di Rumah

MI/TOSIANI
Kak Seto.

 

PENYAKIT Covid-19 yang saat ini tengah mewabah membuat anak-anak tidak dapat bermain dan belajar di sekolah seperti pada hari-hari biasa. Belajar dan bermain di rumah saja tentu terasa sulit bagi anak-anak, terlebih seusia mereka masih senang bermain bersama teman-temannya.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi mengatakan agar anak-anak merasa betah selama belajar di rumah, maka orang tua perlu memposisikan diri sebagai teman atau sahabat anak.

Baca juga: Inilah Lima Langkah Jaga Kesehatan di Era New Normal

“Sekarang ini anak-anak kan rindu temannya. Beberapa keluarga yang ayah bundanya bisa memposisikan diri sebagai sahabat anak. Mereka tidak bermasalah (belajar di rumah),” kata pria yang akrab disapa Kak Seto tersebut pada Talkshow Interaktif Dalam Rangka Hari Anak Nasional 2020, Rabu (22/7).

Menurut Kak Seto, orang tua bisa menjadi artis serba bisa yang dapat mengajarkan nilai-nilai agama, moral, etika, mendongeng, hingga bernyanyi bersama anak. Selain itu, orang tua juga perlu mengetahui materi apa saja yang dipelajari oleh anak-anak.

“Pembelajaran itu bukan sekedar guru langsung ke anak, tapi guru dengan para orang tua juga. Jadi orang tua juga memahami apa standar kompetensi lulusan (SKL) dari kurikulum. Kemudian mengajar pythagoras misalnya, beberapa hal ini dibawakan dengan cara yang menyenangkan,” tuturnya.

Di samping itu, dengan anak-anak belajar di rumah, orang tua jadi memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengetahui potensi anak. Momen ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh orang tua untuk mengembangkan potensi mereka.

“Justru dengan pandemi ini ada yang jadi lebih akrab, jadi lebih tahu potensi setiap anak yang berbeda. Ternyata ini memang lemah matematikanya, tapi ternyata dia pintar nyanyi, yang satu ada lagi pintar mendalang, satu lagi pintar gambar, jadi ibaratnya menemukan ternyata di keluarga itu penuh aneka warna,” tandasnya. (OL-6)
 

Baca Juga

dok.ITB

Jengkel, FOM SBM ITB Somasi Rektor dan MWA ITB

👤Naviandri 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:35 WIB
FORUM Orangtua Mahasiswa (FOM) SBM ITB melayangkan somasi kepada Rektor dan pimpinan Majelis Wali Amanat (MWA) ITB mempertanyakan solusi...
MI/Koresponden

KLHK Tingkatkan Antisipasi Karhutla di Sejumlah Wilayah

👤¬†Atalya Puspa 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:54 WIB
BMKG mengungkapkan bahwa cuaca panas akan terjadi sepanjang Mei 2022. KLHK akan meningkatkan kewaspadaan munculnya kebakaran...
MI/ MOH IRFAN

Bali Bisa Jadi Percontohan Implementasi Pembanngunan Berkelanjutan

👤Atalya Puspa 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:39 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa Provinsi Bali bisa menjadi percontohan dalam aktualisasi sustainable developement dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya