Senin 13 Juli 2020, 10:55 WIB

Lindu di Aceh dan Kulonprogo Jenis Gempa Bumi Dangkal

Ihfa Firdausya | Humaniora
Lindu di Aceh dan Kulonprogo Jenis Gempa Bumi Dangkal

Antara
Masjid Baiturrahman di Kota Banda Aceh, Aceh. Wilayah paling barat Indonesia ini alami gempa pada Senin, 13 Juli 2020 pukul 07.58.46 WIB.

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tektonik gempa tektonik di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatra pada Senin, 13 Juli 2020 pukul 07.58.46 WIB berjenis gempa bumi dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, Senin (13/7).

Gempa bumi dangkal adalah gempa bumi yang hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi. Gempa bumi ini biasanya menimbulkan kerusakan yang besar.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,12 LU dan 94,32 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 120 km arah Barat Daya Kota Banda Aceh, Aceh pada kedalaman 34 km.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Banda Aceh III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Sabang dan Sigli II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI," tegas Rahmat.

Sebelumnya, gempa magnitudo 5,1 yang mengguncang Kulonprogo, Yogyakarta, pada Senin (13/7) pukul 02.50 WIB, juga berjenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,73 LS dan 109,88 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 101 km arah Selatan Kota Wates, Kabupaten Kulonprogo, DI. Yogyakarta pada kedalaman 46 km.

Dalam laporan BMKG, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Pacitan, Purworejo, Yogya & Wonogiri II-III MMI. "Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu," katanya. (H-2)

Baca Juga

Antara/Demas Reviyanto

Ada RS Promosikan Vaksin Mandiri, Persi : Sabar, Tunggu Kebijakan 

👤SuryaniWandari Putri Pertiwi 🕔Selasa 19 Januari 2021, 01:38 WIB
Beberapa rumah sakit telah melakukan preorder atau pre-registrasi vaksin virus korona. Hal tersebut nampak dari beberapa postingan di media...
Dok. Pribadi

Santunan Korban Kecelakaan Bukan Bentuk Ganti Rugi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 19 Januari 2021, 00:59 WIB
"Santunan diberikan bukan sebagai ganti nyawa yang hilang, tetapi agar keluarga yang ditinggalkan dapat tetap memenuhi kebutuhan...
Dok. Octa Investasma

Octa Investama Luncurkan Inisiatif Bantu Korban Bencana Alam

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 19 Januari 2021, 00:56 WIB
Sebelumnya, , Octa Investama Berjangka juga telah  menyalurkan bantuan kepada 700 keluarga  kurang beruntung di daerah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya