Rabu 12 Februari 2020, 07:10 WIB

Setengah Juta Spesies Serangga Hadapi Kepunahan

Haufan Hasyim Salengke | Humaniora
Setengah Juta Spesies Serangga Hadapi Kepunahan

MI/Seno
Ilustrasi MI

 

SETENGAH dari satu juta spesies hewan dan tumbuhan di bumi yang menghadapi kepunahan ialah serangga. Hilangnya hewan itu bisa menjadi bencana besar bagi umat manusia, kata para ilmuwan dalam sebuah peringatan bagi umat manusia.

"Krisis kepunahan serangga saat ini sangat mengkhawatirkan. Akan tetapi, kita tahu ini hanyalah puncak gunung es," kata Pedro Cardoso, ahli biologi di Museum Sejarah Alam Finlandia yang juga penulis utama studi yang diterbitkan Senin (10/2) itu.

Kepunahan dinosaurus 66 juta tahun lalu, lanjutnya, disebabkan benda ruang angkasa. Namun, dalam kepunahan serangga, umat manusia yang harus disalahkan.

"Aktivitas manusia bertanggung jawab atas hampir semua penurunan dan kepunahan populasi serangga. Pendorong utamanya ialah habitat yang semakin menipis dan rusak, diikuti polutan terutama insektisida, juga spesies invasif," tambah Cardoso.

Eksploitasi berlebihan dan perubahan iklim, imbuhnya, juga berdampak buruk. Penurunan populasi kupu-kupu, kumbang, semut, lebah, tawon, lalat, jangkrik, dan capung disebut memiliki konsekuensi yang jauh melampaui kematian mereka sendiri. (AFP/Hym/X-7)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Nadiem Makarim Terinspirasi Model Pendidikan ala Pendiri Nahdlatul Ulama

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 07:03 WIB
Menurutnya, model pendidikan KH Hasyim Asy'ari yang memanusiakan manusia terbukti berhasil mencetak generasi penerus yang berkarakter,...
Antara

Update 1 Oktober 2022: 1.639 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:42 WIB
Sementara itu, kasus aktif meningkat 103 sehingga menjadi 17.697...
MI/Palce Amalo

Menteri PUPR Ajak Mahasiswa Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:10 WIB
MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  mengajak mahasiswa menjadi generasi tangguh dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya