Rabu 25 Desember 2019, 11:25 WIB

Perayaan Natal, Penghormatan terhadap Seluruh Aspek

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Perayaan Natal, Penghormatan terhadap Seluruh Aspek

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

 

SEKRETARIS Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai perayaan Natal kali ini disambut dengan semangat solidaritas masyarakat. Pihaknya menyadari ketika nilai spiritualitas dipahami dalam seluruh dimensi kebudayaan Indonesia, maka semangat merawat alam dan lingkungan akan menjadi bagian dari ekspresi keagamaan.

“Natal penuh semangat solidaritas, keberpihakan bagi yang miskin dan penghormatan terhadap seluruh aspek kemanusiaan,” ujar Hasto dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (25/12).

PDI Perjuangan, kata Hasto, menganggap nilai-nilai ketuhanan yang terkandung dalam Pancasila meniru sifat-sifat Tuhan sekaligus dihayati dalam relasi dengan sesama. Sehingga, nilai ketuhanan tersebut menyatu dengan nilai kemanusiaan dan kebangsaan.

Baca juga: Pesan Anies untuk Perayaan Natal: Jaga Persatuan dan Perdamaian

Lalu, musyawarah dengan masyarakat di dalam menyelesaikan persoalan, memerjuangkan hadirnya keadilan sosial, sebagaimana dilakukan oleh negara Indonesia juga terkandung dalam nilai-nilai ketuhanan Pancasila.

"Dengan demikian, Pancasila yang membumi berarti memberikan penghormatan bagi setiap warga bangsa di dalam mengeskpresikan kehendaknya untuk memuji, menghormati dan mengabdi pada Tuhan dengan cara-cara yang berkebudayaan," tuturnya.

"Cara-cara yang mengekspresikan alam rasa dan alam pikir dalam satu kesatuan sehingga agama dan kepercayaan terhadap Tuhan hadir dalam kebaikan," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

pnas.org

BPOM Mengawal Pengembangan Vaksin Merah Putih Hingga Aman

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 23:10 WIB
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengawal pengembangan Vaksin Merah Putih sejak awal penelitian, untuk memastikan vaksin yang...
Sketsa MI

Masih Pandemi, Tidak Mudik Bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Moral

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 13 April 2021, 23:05 WIB
KETUA Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau masyarakat tidak melakukan mudik di masa pandemi sebagai bentuk...
hopkinsmedicine.org

Indonesia Perlu Kuasai Platform Pengembangan Vaksin Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 22:45 WIB
Menurut Bambang, kemandirian tentang vaksin apapun, termasuk vaksin Covid-19 menjadi penting jika dikaitkan dengan kebutuhan untuk 270 juta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya