Rabu 08 Mei 2019, 13:25 WIB

Bibit Siklon Tropis di Laut Banda Makin Menguat

Indriyani Astuti | Humaniora
Bibit Siklon Tropis di Laut Banda Makin Menguat

ANTARA
Waspadai badai siklon Tropis

 

PANTAUAN Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Rabu (8/5), pukul 12.00 WIB, menunjukan bibit siklon tropis dengan kode 93 S yang berada di Laut Banda, sekitar Maluku Tenggara Barat semakin menguat dan berpotensi menjadi Siklon Tropis dalam beberapa jam ke depan.

Deputi Bidang Meteorlogi BMKG Mulyono R Prabowo menuturkan kecepatan angin maksimum di pusat bibit badai mencapai 30 knot dengan tekanan minimum hingga 1000 hPa. Arah geraknya ke Selatan-Barat Daya mendekati wilayah Timor Leste.

Bibit badai ini, kata Mulyono, dapat menimbulkan ancaman cuaca ekstrem di wilayah Indonesia Timur dan Timor Leste. Selain itu juga berdampak pada wilayah Indonesia antara lain hujan dengan intensitas sedang-lebat yang berpeluang terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur bagian Timur dan Maluku bagian Selatan, serta Timor Leste.

"Angin dengan kecepatan di atas 25 knot atau 48 km per jam berpeluang terjadi di NTT, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Maluku," ujar Mulyono melalui siaran pers, Rabu (8/5).

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Siklon Tropis di Laut Banda

Bibit siklon tersebut juga berpotensi menyebabkan gelombang dengan ketinggian 1,25-2,50 m yang berpeluang terjadi di Laut Banda bagian utara, Perairan Kepulauan Kei-Aru, Laut Arafuru bagian timur. Lalu gelombang dengan ketinggian 2,50-4,0 m yang kemungkinan terjadi di Laut Banda bagian selatan. Selain itu, gelombang dengan ketinggian 4,0-6,0 m berpotensi terjadi di Perairan Kepulauan Sermata-Leti-Kepulauan Babar-Tanimbar, Laut Timor.

Mulyono memperkirakan transportasi laut di sekitar daerah terdampak bibit badai akan terganggu, sehingga masyarakat diimbau untuk berhati-hati. Selain itu, potensi hujan lebat yang timbul juga berpotensi menimbulkan dampak seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang.

"BMKG terus memantau perkembangan bibit siklon tropis ini setiap saat melalui Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, dapat langsung mengakses laman resmi atau menghubungi kantor BMKG terdekat," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Kemenag

Wamenag: Santri Abad 21 Harus Melek Literasi Digital 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:04 WIB
“Santri abad ke-21 harus memiliki keterampilan literasi digital (digital literacy), di samping literasi baca tulis, literasi...
Dok. UNJ

UNJ Gelar Sarasehan Bahas Polemik tentang Statuta Baru Pemberian Gelar Kehormatan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:02 WIB
Rektor UNJ Komarudin mengatakan, setelah sempat ramai di media massa, pada kesempatan sarasehan itu, ia mengajak semua duduk bersama dalam...
Antara

Pemprov DKI Klaim Kesiapan Hadapi Hidrometeorologi

👤Ant 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:48 WIB
BMKG memberikan peringatan bahwa bencana hidrometeorologi akan datang lebih awal di akhir...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya