Rabu 15 Maret 2023, 17:55 WIB

Pengamat: Butuh Waktu Tunggu Harga Beras Turun

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Pengamat: Butuh Waktu Tunggu Harga Beras Turun

MI/Palce Amalo
Pedagang beras menunggu pembeli di Pasar Tradisional Naikoten 1, Kota Kupang, NTT, Rabu (15/3).

 

HARGA beras yang masih relatif tinggi di pasar dinilai wajar dan normal. Sebab, musim panen raya baru berlangsung dan dibutuhkan waktu agar harga komoditas tersebut melandai secara alami.

Demikian dikatakan Guru besar Institut Pertanian Bogor sekaligus Ketua Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Indonesia Dwi Andreas Santosa kepada Media Indonesia, Rabu (15/3).

"Panen itu belum berarti gabah itu tertransmisi ke beras. Itu masih perlu waktu, perkiraan saya harga itu akan turun 2-3 minggu lagi," ujarnya.

Baca juga : Kepala Bapanas: Harga Eceran Tertinggi Beras segera Diumumkan

Saat ini, lanjut Andreas, penggilingan-penggilingan padi yang ada tengah dalam proses menyerap gabah hasil panen. Penggilingan gabah itu membutuhkan waktu, pun demikian untuk sampai beredar ke pasar dalam bentuk beras.

Karenanya, di awal masa panen raya tak serta merta harga beras di pasar langsung mengalami penurunan. Itu sedianya bukan baru terjadi saat ini, melainkan setiap waktu. Harga beras akan mulai turun ketika masa panen raya telah berlangsung setidaknya 2 minggu. "Bulan Februari kemarin harga gabah trennya sudah turun. Tapi di tingkat konsumen masih naik terus. Jadi itu hal yang wajar menurut saya," kata Andreas.

Baca juga : Bulog Sulsel dan Sulbar Mengaku Kalah Harga dari Tengkulak

Dia juga menegaskan tingginya harga beras saat ini tidak berarti menggambarkan kelangkaan ataupun ketersediaan yang terbatas. Untuk melihat stok beras, kata Andreas, yang perlu dilihat adalah kondisi Gabah Kering Panen (GKP).

GKP saat ini harganya masih relatif tinggi dan itu menandakan stok GKP kecil. Itu karena GKP banyak diserap oleh pabrik-pabrik penggilingan untuk mengubah gabah menjadi beras.

"Jadi mungkin awal April atau paling tidak akhir bulan ini harga beras itu bisa turun. Transmisi harga itu memang perlu waktu dari gabah menjadi beras," pungkas Andreas. (Z-4)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

.

Menhub Cek Pembangunan Jalur Kereta Api Aceh

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 April 2023, 20:26 WIB
Menhub menjajal Kereta Rel Diesel (KRD) Cut Meutia yang telah beroperasi sebagai kereta...
Dok. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Mendag Berharap Pasar Murah Bisa Membantu Masyarakat

👤Ficky Ramadhan 🕔Sabtu 01 April 2023, 19:50 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menghadiri pelaksanaan pasar murah dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketersediaan...
 ANTARA

Negara ASEAN Berkomitmen Jaga Stabilitas Ekonomi di AFMGM

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 April 2023, 17:51 WIB
Berbagai upaya bersama dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut telah terefleksikan dalam tema Keketuaan Indonesia, yaitu ASEAN...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya