Senin 23 Januari 2023, 14:25 WIB

Pengrajin Tempe Sambut Baik Upaya Stabilkan Harga Kedelai

Media Indonesia | Ekonomi
Pengrajin Tempe Sambut Baik Upaya Stabilkan Harga Kedelai

Dok pribadi
H Ayep Zaki

 

ANGGOTA Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, H Ayep Zaki, menyambut positif langkah Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang berupaya menurunkan harga kedelai dari Rp14 ribu menjadi Rp12 ribu hingga Rp11 ribu per kilogram. 

"Upaya tersebut tentu akan disambut baik oleh para perajin tahu dan tempe di Tanah Air. Kalau hal itu benar-benar terjadi, akan sangat membantu menyejahterakan pengrajin tempet," ungkap Ayep Zaki dalam keterangannya, Senin (23/1).

Bacaleg dari Partai NasDem untuk Dapil Jawa Barat IV (Sukabumi Raya) ini memang telah aktif dalam pengembangan tempe di Indonesia selama satu dasawarsa. Ia menandaskan banyak masyarakat gemar mengonsumsi tempe maupun panganan lain berbahan dasar kedelai seperti tahu.

Putra asli Sukabumi itu meyakini bahwa kestabilan harga kedelai akan membawa dampak positif terhadap keberlangsungan dan ketersediaan kebutuhan masyarakat.

"Konsumsi tempe nasional 2,25 juta ton per tahun. Ini artinya mengonsumsi kedelai sejumlah 1,5 ton untuk tempe belum termasuk tahu dan jenis makanan lain yang sumbernya dari kedelai," tambah anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat tersebut.

Saat ini tempe masuk salah satu superfood asli Indonesia, yang memiliki kandungan protein super baik dengan harga yang sangat murah dan terjangkau masyarakat. Dengan begitu otomatis kebutuhan bahan baku sangat tinggi. "Kalau pemerintah menstabilkan harga kedelai ini sangat baik sekali," tambah Ayep lagi.

Ayep menuturkan pihaknya yang memproduksi Tempe Azaki dan sudah diekspor ke beberapa negara merasakan beban berat bila pemerintah tak menstabilkan harga kedelai. Cara menstabilkan itu dapat dilakukan misalnya dengan subsidi Rp1.000 atau Rp2.000 per kg. Hal itu akan berdampak sangat baik. 

"Jadi sekali lagi saya merespons sangat baik kebijakan harga untuk menstabilkan harga kedelai," tandasnya. (RO/O-2)

Baca Juga

Dok. DPR RI

Komisi VI DPR Apresiasi PTPN Mampu Cetak Net Profit Hingga Ro5,5 Triliun

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:00 WIB
Politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga berharap agar PTPN VIII bisa lebih dikembangkan lagi dalam sektor pariwisata. Juga diharapkan...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Industri Keuangan Hadapi Tahun Suram, Suport OJK Kembali Diharapkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:35 WIB
Kebijakan inovatif dari OJK yang bersifat counter cyclical sangat diharapkan....
Dok. DPR RI

Legislator Usul Program Transformatif PT Pos Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:05 WIB
Politisi Fraksi PAN ini menjelaskan, konsep central titipan ini juga akan sangat berguna terutama dikota-kota yang padat aktivitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya